MUARA ENIM, KabaRakyatsumsel.com--Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Muara Enim menyampaikan bahwa hanya terdapat tiga sekolah yang sudah memiliki Unit Pengumpulan Zakat (UPZ).
Hal ini disampaikan oleh Ketua Baznas Kabupaten Muara Enim Syachril melalui Wakil Ketua II Abdul Latif yang didampingi oleh Wakil Ketua IV Syarifuddin dalam pengarahan dan penyerahan bantuaan pembangunan mushola SMP Negeri 1 Ujanmas dari dana pengumpul zakat, Selasa (18/9/2018), di aula laboratorium SMP Negeri 1 Ujanmas.
“Alhamdulillah sampai hari ini sudah terdapat tiga sekolah yang bersedia menerima kehadiran Baznas dari sejumlah sekolah yang ada di kabupaten Muara Enim, yang mana pada hari ini SMP Negeri 1 Ujanmas merupakan sekolah ketiga yang akan membentuk UPZ di lingkungan sekolahnya, setelah SMP Negeri 1 Lawang Kidul dan SMP Negeri 2 Muara Enim,” kata Abdul Latif disela kegiatan pengarahan kepada dewan guru dan staf tata usaha SMP Negeri 1 Ujanmas.
Lebih lanjut Abdul Latif menyampaikan, Baznas Muara Enim memiliki beberapa program untuk mendukung program pemerintah daerah, yaitu dengan membangun sanitasi dan jamban bagi warga miskin yang sudah tersebar hampir di seluruh kecamatan yang ada di Muara Enim, dan memberikan BPJS kesehatan kepada warga miskin.
Kemudian, kata dia lagi, Baznas juga memiliki program Muara Enim pintar, yang mana program ini menyasar biaya pendidikan terhadap keluarga miskin yang tidak mendapatkan beasiswa dari pemerintah ataupun pihak lain.
“Selain dari program Muara Enim sehat dan pintar, kita juga memiliki program muara sejahterah yang bekerja sama juga dengan Yonif 141 AYJP dari dana zakat yang dikumpulkan oleh para anggota TNI yang berdinas di Yonif AYJP 141. Dan terakhir ada juga program Muara Enim makmur, yang ditujukan untuk para pelaku UMKM, dengan tujuan agar mampu meningkatkan perekonomian masyarakat,” lanjutnya.
Diakhir pernyataannya, Abdullah Latif mengharapkan nantinya kesadaran masyarakat Muara Enim untuk membayar zakat meningkat. Karena hal itu terbukti dalam setiap tahunnya di instansi dan perusahaan sudah banyak turut serta dalam mengumpulkan zakat karyawannya, dengan harapan juga adanya kesadaran ini akan mampu meningkatkan kesejahteraan umat.
“Di tahun 2017 lalu, jumlah penerima dana zakat dan infaq di Kabupaten Muara Enim sudah mencapai Rp1,2 miliar. Dan diharapkan pada tahun 2018 ini akan mampu mencapai Rp1,5 miliar, dan juga nantinya tidak nutup kemungkinan akan mampu menyamai Kota Padang yang mencapai Rp2 miliar lebih, sehingga kesejahteraan umat akan mampu ditingkatkan melalui dana zakat maupun infaq yang terkumpul di Baznas Muara Enim,” harap Abdullah Latif.
Sementara itu Kepala SMP Negeri 1 Ujanmas Ipan Darmanto menyambut baik kehadiran Baznas Muara Enim, sehingga mampu memberikan pengetahuan tentang zakat. Serta dengan adanya tim dari Baznas ini, kami akan langsung membentuk UPZ Unit SMP Negeri 1 Ujanmas.
“Alhamdulillah, dengan adanya pengarahan ini kita sangat berterimakasih kepada Baznas Muara Enim. Dan setelah ini kami akan langsung membentuk UPZ Unit SMP Negeri 1 Ujanmas, sehingga nantinya akan mampu mengumpulkan dana zakat dari dewan guru dan staf TU serta siswa,” tutupnya. (ist)

Post a Comment