Kayu Agung OKI, KabaRakyatsumsel.com– Guna mengatasi permasalahan sampah rumah tangga, pada 2019 mendatang, Pemkab Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan membangun Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R (Reuse, Reduce, dan Recyle) di empat kecamatan dalam wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) OKI, Drs H Alamsyah didampingi Kasi Persampahan, Sholeh, Selasa (5/9) menuturkan, TPS 3R ini selain berfungsi sebagai tempat penampungan sampah, juga sebagai lokasi yang digunakan untuk mendaur ulang sampah-sampah rumah tangga.
“Akan dibangun tahun 2019 mendatang dengan menggunakan dana DAK yakni di Kecamatan Pangkalan Lampam, Tulung Selapan, Lempuing dan Pedamaran. Satu TPS dianggarkan dana Rp500 juta, itu termasuk pembelian mesin pemilahan dan mesin pengomposan,” ungkap Alamsyah seraya mengatakan, pembangunan TPS 3R ini dilakukan secara swakelola yang melibatkan kelompok masyarakat setempat.

Dikatakannya, latar belakang dibangunnya TPS 3R tersebut, karena kesadaran masyarakat akan bahaya sampah di kecamatan setempat masih kurang. “Dan kebiasaan masyarakat yang masih membuang sampah di sembarang tempat. Dengan adanya TPS 3R ini, juga membantu perekonomian masyarakat dengan hasil daur ulang sampah,” tandasnya.

Selain pembangunan TPS 3R, tahun ini juga Dinas Lingkungan Hidup OKI mendapat bantuan 2 unit mobil truk sampah berkapasitas 6 kubik dari dana DAK tahun 2018. “Dengan adanya bantuan mobil truk pengangkut sampah ini, jelas sangat membantu petugas kebersihan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari, karena armada yang kita miliki terbatas dan sudah usang,” tukasnya.

Ditambahkannya, dengan keterbatasan armada dan personil di lapangan, pihaknya berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan membersihkan dan mengangkut sampah dari masyarakat di wilayah Kota Kayuagung ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berlokasi di wilayah Sepucuk Kayuagung.

“Personel yang kita miliki sebanyak 131 orang, walaupun dengan upah yang masih dibawah UMR, namun petugas kebersihan berupaya keras dalam menjaga kebersihan di perkotaan Kayuagung dan sekitarnya,” pungkasnya seraya mengatakan, Insya Allah tahun 2018 ini Kabupaten OKI kembali meraih Piala Adipura.

Post a Comment