OGAN ILIR, kabarakyatsumsel.com sebuah apresiasi, Meski tanpa ada campur tangan dari pihak Pemerintah setempat,warga RT 08 Kelurahan Indralaya Raya Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir sukses melaksanakan upacara peringatan 17 Agustus 1945,Jum'at (17/8) di Padangan Tanjung Putus Indralaya Raya.



Pelaksanaan upacara dalam rangka HUT 73 RI Tahun 2018 yang di gelar warga RT 08 Kelurahan Indralaya Raya ini bertindak selaku pembina upacara Mulyadi SPd dan bertugas sebagai pemimpin upacara Prada Romi Palba,sedangkan selaku pengibar bendera merah putih yaitu M.Kadapi,Mailan dan Ulyati.


Pembina upacara Mulyadi saat diwancarai setelah selesai kegiatan tersebut menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan wujud warga RT 08 kelurahan Indralaya Raya sebagai bentuk mengenang para pejuang kemerdekaan yang sudah relah mengorbankan tenaga,pikiran dan sebagainya untuk mempertahankan NKRI.


"Selain kita mengadakan upacara, kita juga mengadakan berbagai kegiatan perlombaan seperti lomba Bidar mini,Tarik Tambang,Lari Karung dan sebagainya,juga melaksanakan kegiatan seperti Karnaval dan Panjat Pinang.Sementara sumber dana dari swadaya warga dalam menyemarakan HUT RI Ke 73  ini, selain itu kita sudah mengundang pihak pemerintah setempat untuk bergabung dalam pelaksanaan upacara namun pemerintah setempat Lurah Indralaya Raya tidak hadir di sela-sela memperingati HUT RI ini,"ujarnya.


Sementara Epan warga setempat turut mengatakan bahwa pihak pemerintah setempat dinalai seperti mengindahkan undangan tersebut, padahal kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat positif untuk mengenang jasa pahlawan dalam memperjuangkan kemerdakaan indonesia.


"Walau pun tidak hadir pihak pemerintah setempat kegiatan upacara ini tetap berjalan dengan lancar karena solidaritas warga sangat antusias melaksanakan upacara tersebut dan setelah jum'at ini kita akan kembali melaksanakan kegiatan lomba, dan sorenya Pukul 15.00 Wib kita akan melaksanakan upacara penurunan bendera.

pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ini biasanya hanya di laksanakan di tempat-tempat tertentu saja seperti di Pemerintahan Kabupaten,Pemerintah Kecamatan dan Instansi-instansi tertentu saja,namun sudah dua tahun ini warga RT 08 Kelurahan Indralaya Raya Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir melaksanakan upacara peringatan HUT RI secara sederhana dan penuh semangat juang. (her)

Post a Comment