Palembang, KabaRakyatsumsel.com – Setelah melalui tahapan tes yang cukup ketat beberapa waktu lalu, para pelajar lulusan SMA/Sederajat dari desa-desa dalam wilayah operasional PT Pertamina EP Asset 2 yang ingin meraih beasiswa non ikatan dinas angkatan ke-5 tahun 2018 guna kuliah di Politeknik Akamigas Palembang akhirnya terwujud.


Empat pelajar yang mewakili wilayah kerja PT Pertamina EP Prabumulih Field, Limau Field, Pendopo Field dan Adera Field berhasil diterima menjadi mahasiswa Politeknik Akamigas dengan biaya penuh dari PT Pertamina EP Asset 2 selama enam semester atau tiga tahun.

Keempat pelajar yang mendapatkan beasiswa yakni Ahmad Chandra Wijaya dari wilayah kerja Limau Field mengambil jurusan Teknik Eksplorasi Produksi Migas, Halim Al Rasyid Prabumuih Field, Liska Armayanti Pendopo Field dan M Risky Zamkhsyary Adera Field masing-masing mengambil Teknik Pengolahan Migas.
Kesemuanya berhasil mendapatkan beasiswa non ikatan dinas dari PT Pertamina EP Asset 2 tiga tahun secara penuh, artinya semua biaya-biaya perkuliahan, praktek pemagangan sampai wisuda, semuanya sudah ditanggung oleh perusahaan dengan syarat IPK-nya minimal 3,00 menjadi standar penetapan beasiswa tersebut.

General Manager PT Pertamina EP Asset 2, Astri Pujianto, mengingatkan siswa penerima beasiswa non ikatan dinas untuk memanfaatkan kesempatan terbaik yang diberikan PT Pertamina EP Asset 2 kepada anak didik yang berprestasi dalam wilayah operasional perusahaan.

“Manfaatkanlah kesempatan berharga ini, karena masih banyak teman-teman kalian yang ingin mendapatkan beasiswa ini. Insya Allah kedepan PT Pertamina EP, melalui dukungan dari segenap pihak, mampu memberikan kontribusi yang lebih besar bagi masyarakat sekitar,”ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Astri Pujianto juga menjelaskan Pertamina EP sebagai Kontraktor Kontrak Kerja Sama dari Pemerintah Indonesia mengemban banyak tugas dari negara, yang adalah meningkatkan produksi dan menjaga ketahanan migas nasional.

Di sisi lain bagaimana kita menggalakkan program pengabdian terhadap masyarakat, seperti program pendidikan yang telah terwujud hari ini.

“Terima kasih atas kerja sama yang telah terbina selama ini, kami bangga atas keberhasilan adik-adik para mahasiswa sebelumnya yang telah meraih IPK tertinggi, artinya program tersebut berjalan dengan sangat baik,”harap Puji.

Senada dengan itu Ketua Yayasan Karya Bangsa Ir H Abdul Rozak mengapresiasi Pertamina, khususnya PT Pertamina EP Asset 2 yang telah memperhatikan pembangunan SDM di sekitar wilayah operasional perusahaan yang salah satunya menggulirkan program pemberdayaan masyarakat melalui dunia pendidikan.

“Terima kasih atas kepercayaan dan kerja sama antara Politeknik Akamigas Palembang dengan PT Pertamina EP Asset 2 melalui pemberian beasiswa tersebut sehingga anak didik kita nantinya dapat memberikan hasil terbaik, tidak ada kesenjangan pendidikan dan mengharumkan nama desa masing-masing,” ungkap Abdul Rozak.

Pjs Direktur Poltek Akamigas Palembang M Ali Malik ST menambahkan, hingga tahun 2018 ini sudah ada 25 mahasiswa dari sekolah-sekolah di wilayah kerja PT Pertamina EP Asset 2 yang telah bergabung untuk menuntut ilmu di Politeknik Akamigas Palembang ini.

“Alhamdulillah hingga saat ini kita sudah melaksanakan wisuda 2 angkatan dan mereka sebagian sudah bekerja pada industri dan perusahaan yang tersebar di negeri ini. Belajarlah dengan sebaik-baiknya, semua sudah dibiayai dan tugas adik-adik hanyalah belajar dan belajar dengan semaksimal mungkin yang pada akhirnya dapat mengharumkan keluarga, nama sekolah, desa masing-masing bahkan mampu menjaga citra perusahaan,” pesan Ali Malik.

Selain melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding beasiswa non ikatan dinas PT Pertamina EP Asset 2 angkatan ke-5 di Politeknik Akamigas Palembang yang berlangsung Selasa (28/8), juga dilakukan penandatanganan surat pernyataan para mahasiswa, orang tua dan pihak kampus yang disaksikan oleh kepala desa dan lurah dari wilayah domisili siswa peraih beasiswa.

Pada kesempatan itu juga disampaikan laporan perkembangan akademik dan non akademik mahasiswa penerima beasiswa non ikatan dinas selama mengikuti perkuliahan sejak tahun 2015 yang disampaikan oleh Robby Cahyadi. Guna mendukung komitmen bersama para pihak juga dibacakan surat perjanjian beasiswa yang akan kuliah pada tahun ajaran 2018, pertengahan September nanti, termasuk syarat-syarat yang diberikan, ketentuan dan sangsi jika semua poin-poin dalam perjanjian tersebut tidak terpenuhi atau dilanggar.



Pemberian beasiswa non ikatan dinas di Politeknik Akamigas Palembang merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility yang digulirkan oleh PT Pertamina EP Asset 2 sejak tahun 2014 silam. Program ini menyasar di bidang pendidikan, dan terus berjalan secara konsisten setiap tahunnya sebagai bentuk kepedulian PT Pertamina EP Asset 2 khususnya kepada masyarakat yang terdekat di wilayah operasi.(*)

Post a Comment