BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com -- Untuk Memeriahkan Perayaan Momen Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73 Tahun 2018, Pemerintah Desa Talang Ipuh Kecamatan Suak Tapeh, Kabupaten Banyuasin, bersama Ratusan Warga, menggelar berbagai lomba.
Kegiatan lomba tersebut, sebagian dilaksanakan di halaman Rumah Kepala Desa Talang Ipuh, yang berada di Rt. 002, dusun I Desa Talang Ipuh Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin. Salah satunya lomba memasak suami istri yang terlihat sekarang ini.

Rangkaian kegiatan lomba di Desa Talang Ipuh dalam Memeriahkan Perayaan Momen Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73 Tahun, selain lomba memasak ada juga lomba, Sepak bola, Panjat Pinang, Lari maraton, Balap Karug, Lomba Joget balon, Tarik Tambang, lomba Gaplex, bulu tangkis, tenis meja dan berbagai lomba lainnya.

Kades Talang Ipuh Ardina menyebutkan bahwa lomba masak ini di ikuti oleh enam pasang Suami Istri perwakilan dari masing - masing RT yang ada di Desa Talang Ipuh, Kecamatan Suak Tapeh, Kabupaten Banyuasin.

Menurut Kades Ardina , kegiatan ini sangat positif bagi para ibu -ibu PKK, pemuda dan pemudi, selain dilihat dari segi kesehatan, juga bisa mencegah dari perbuatan yang bisa melanggar hukum. misalnya narkoba dan minuman keras.

Kades Ardina, yang akrab disapa Arpai juga menyampaikan bahwa pelaksanaan perlombaan tradisional ini untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 tahun 2018.

"Dan kita laksanakan dengan semangat, gembira dan juga tetap jaga faktor keamanan, perlombaan ini juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan kekeluargaan Antara Pemerintahan Desa dengan Masyarakat Desa Talang Ipuh,"tuturnya.

Dirinya juga mengatakan, bahwa moment perayaan kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk kedepannya dia dari pihak Pemerintah Desa Talang Ipuh akan terus mempersembahkan yang terbaik demi terwujudnya Desa Talang Ipuh Serasi,” katanya.

Lebih lanjut kata Kades Ardina, mengharapkan diumur Indonesia yang ke-73 ini, kita semua, memelihara terus kebinekaan, karena kemerdekaan ini tercapai berkat kebersamaan semua elemen, walaupun di kita bersuku-suku, berbeda agama tetap bersatu sehingga mencapai kemerdekaan.

"Tentunya jaman pembangunan sekarang ini, semangat ini tidak boleh pudar tetapi kita jadikan modal dalam kebersamaan meraih kesejahteraan. Secara realitas dimasyarkat  terdiri dari berbagai macam krakter, itu kita jadikan modal pembangunan," jelas kades dengan penuh semangat.

Salah satu Masyarakat Desa Talang Ipuh, Ardina mengungkapkan, saya sangat senang dengan acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Talang Ipuh tersebut, karena ini,bisa menjadi pengetahuan bagi generasi muda tentang sejarah mempertahankan kemerdekaan.

"Ini inspirasi dan motivasi bagi kami, untuk mengingat betapa beratnya perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan bangsa untuk merebut kemerdekaan dimasa lalu. Para pahlawan, kita harus hormati dan dikenang, dengan cara inilah kita bisa mengenang mereka, demi terwujudnya kesejahteraan,” ujar dia.

Sementara Ketua Panitia perayaan HUT RI ke 73 Desa Talang Ipuh, Sefta Ariansyah, S.Sos mengatakan, bahwa Kegiatan Perayaan Momen Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73 Tahun, mendapat antusias yang sangat meriah dari peserta dan Masyarakat Desa Talang Ipuh Kecamatan Suak Tapeh.

Sefta menambahkan, mudah mudahan dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa memiliki, kebersamaan, nasionalisme bagi anak-anak. "Sehingga, saat dewasa nanti tidak berkurang rasa kepedulian bagi mereka terhadap bangsa ini," tegasnya. (Adam)

Post a Comment