JAMBI, KabaRakyatsumsel.com- Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Dr.Drs.H.Fachrori Umar,M.Hum menyambut kedatangan Tim Torch Relay (Kirab Obor) Asian Games 2018 di VIP Room Bandara Sultan Thaha Jambi, Jum'at (03/08/2018). Kedatangan Api Obor Asian Games 2018 dari Sumatera Barat bersama rombongan Indonesia Asian Games Organizing Committe (INASGOC) disambut dengan Tarian Sekapur Sirih oleh Tim Kesenian Gubernuran Jambi. Api Obor diserahkan kepada Plt. Gubernur Jambi yang didampingi anggota DPR RI H.Bakri, Sekda Provinsi Jambi, Drs.H.M. Dianto,M.Si, dan unsur Forkopimda Provinsi Jambi serta Walikota Jambi, H.Sy.Fasha. Api Obor sampai di Bandara Sultan Thaha Jambi pukul 07.50 WIB, dengan menggunakan pesawat Hercules TNI AU, api obor dibawa oleh Danlanud Kolonel. Heri Sutrisno, kemudian diserahkan kepada Plt.Gubernur Jambi untuk dibawa masuk ke VIP Room Bandara Sultan Thaha. 

Setelah itu, Plt.Gubernur Jambi menyerahkan api obor kepada Walikota Jambi, disaksikan oleh Forkopimda Provinsi Jambi, yang selanjutnya dibawa dengan konvoi mobil ke Kawasan Percandian Muaro Jambi, rombongan melalui jalan Bajuri-Rumah Sakit Siloam-Simpang Jelutung-Simpang Sijenjang. Konvoi tiba di Candi Muaro Jambi disambut langsung oleh Wakil Bupati Muaro Jambi Bambang Bayu Suseno berserta unsur Forkompimda Kabupaten Muaro Jambi. Wakil Bupati Muaro Jambi turut berlari sambil membawa api obor menuju pelataran Candi Muaro Jambi tepatnya Candi Tinggi, lalu menyerahkan obor kepada Bupati Muaro Jambi, Hj. Musnah Busro. 

 Setelah itu, Bupati Muaro Jambi menyerahkan api obor kepada  INASGOC, kemudian, rombongan berangkat dari Kawasan Percandian Muaro Jambi menuju Rumah Dinas Gubernur Jambi untuk istirahat, menunaikan ibadah Sholat Jumat, darombongann makan siang. 

 penyambutan, Fachrori mengatakan, Indonesia tuan rumah Asian Games XVIII yang dipusatkan di Jakarta dan Palembang. "Sebagai tuan rumah yang baik, kita hendak bersama-sama menjaga keamanan dan kelancaran selama perhelatan Asian Games berlangsung. Untuk itu, saya mengajak masyarakat yang berada di Provinsi Jambi, marilah kita jaga kebersamaan untuk mewujudkan Asian Games yang aman dan lancar serta sukses sebagai tuan rumah Asian Games di Indonesia," kata Fachrori. "Kita sangat mengiginkan pelaksanaan Asian Games ini berjalan dengan aman, lancar sampai selesai, serta kita mendoakan bersama agar atlet-atlet Jambi bisa menyumbangkan emas untuk Indonesia," tutur Fachrori. Kapolda Jambi, Irjen Pol.Muchlis AS,MM menyampaikan, dalam penyambutan Api Obor Asian Games 2018 ini seluruh porsonil Polri dan TNI telah berkerja sama bersinergi, mulai dari kedatangan sampai sore nanti kembalinya ke Palembang Sumatera Selatan. 

"Selain rutenya sudah kita tentukan, masyarakat kita ajak untuk ikut menyaksikan untuk bersama-sama menyemarakkan obor Asian Games ini," ujar Kapolda. Bupati Muaro Jambi, Hj.Masnah Busro mengemukakan bahwa suatu kehormatan dan penghargaan bagi Muaro Jambi termasuk daerah yang disinggahi oleh Obor Asian Games 2018 di Candi Muaro Jambi, dan berharap Candi Muaro Jambi makin di kenal oleh masyarakat luas dan internasional," ungkap Masnah Busro. Masnah mengatakan, pemerintah dan masyarakat Muaro Jambi ikut mendukung dan mensupport pelaksanaan Asian Games 2018 agar Indonesia menjadi Juara. 

"Atas nama pemerintah dan masyarakat Muaro Jambi, kami ikut mendukung dan mensupport pelaksanaan Asian Games 2018 agar Indonesia menjadi juara," kata Bupati. Antusias masyarakat Provinsi Jambi menyambut kedatangan Api Obor Asian Games sangat luar biasa, sepanjang jalan masyarakat dan anak sekolah melimpah ruah melambaikan tangannya menyambut kedatangan api obor tersebut. (Humas Pempov Jambi)

Post a Comment