BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com -- Masyarakat Desa Terentang, Kecamatan Banyuasin III, merasa resah. Keresahan ini dirasakan mereka dikarnakan ada nya kandang ayam putih yang berdiri disekitar perumahan mereka. Hal ini tentunya bisa mendatangkan ribuan lalat yang bisa membawa penyakit kerumah masing-masing warga.

Pantauan media ini dilapangan, memang benar kandang ayam tersebut yang diketahui milik Oto, warga setempat di bangun diatas tanah seluas kurang lebih 2 hektare, bersebelahan dengan rumah pemilik kandang ayam tersebut.

Sementara masyarakat setempat saat dibincamgi media ini. Sabtu (28/07) mendesak pemilik kandang ayam tersebut agar segera membongkar atau memindahkan ketempat yang jauh dari pemukiman warga.

"Upaya menegur pemilik kandang sudah dilakukan. Toh, tidak ada perubahan maupun perbaikan, sementara kami masyarakat sudah sangat resah. Inikan pemukiman penduduk bukan kawasan produksi," kata salah seorang warga setempat yang tidak mau disebutkan namanya.

Ketika ditanya berapa besar ukuran kandang ayam tersebut dan berapa kapasitas ayamnya dia mengatakan belum tau berapa besar ukuran kandangnya. Namun menurut dia kalau dilihat dari dekat kandang ayam tersebut sangat besar dan kapasitas ayamnya bisa di pastikan mencapai puluhan ribu ekor.

"Kondisi ini membuat warga mengalami sesak nafas. Sehingga membuat warga kian jengkel. Apalagi pada malam hari bau menyengat dari kandang ayam tersebut sangat tersa dan membuat tidur memjadi terganggu," ujar dia.

Dikatakannnya bahwa seluruh Warga Desa Terentang berharap kepada pemerintah untuk segera menutup kandang. "Selain menimbulkan pencemaran dan keresahan warga, kandang ayam yang sudah berdiri tiga bulan lalu diduga tidak mengantongi izin," ungkapnya.

Kasat Pol. PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Banyuasin Drs. Anthoni Liando, M.SI saat dikonfirmasi lewat via telpon mengatakan bahwa kalau memang terbukti kandang ayam tersebut berada di pemukiman penduduk akan segerah kita tindak lanjuti.

"Terima kasih atas informasinya dan sesuai dengan informasi tersebut bahwa kandang ayam memang berada di pemukiman penduduk dan mersesahkan masyarakat setempat secepatnya akan kita tindak lanjuti," katanya.

Sementara Kades Terentang Rodi, S.H termasuk Oto selaku pemilik kandang Ayam tersebut sampai berita ini diterbitkan belum bisa dimintai konfirmasinya. (Adam)

Post a Comment