Kayuagung, KabaRakyatsumsel.com-- Selain tindakan tegas dari kepolisian akan kebakaran hutan lahan gambut, juga dilakukan tindakan persuasif kepada masyarakat juga dianggap perlu, sebagai langkah antisipasi agar tak ada asap di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Hal tersebut, dilakukan oleh jajaran Polres OKI, untuk senantiasa memberikan penyuluhan kepada masyarakat, tetapi juga perusahaan, baik secara langsung maupun melalui spanduk atau pamplet himbauan yang dipasang pada daerah atau lokasi rawan karhutla.

Tak hanya itu, para polwan beserta personil kepolisian  juga menyebarkan maklumat Kapolda Sumsel tentang larangan pembakaran hutan, kebun dan lahan. "Personil polisi wanita Polres OKI yang mengendarai sepeda motor dilepas langsung Kapolres OKI AKBP Ade Harianto SH MH, Jumat (20/7/2018).

Pelepasan polwan bersepeda tadi, bertolak dari Mapolres OKI, mengeliling Kota Kayuagung, hingga ke kawasan Jalan Raya Sepucuk di Kelurahan Kedaton. Polwan dengan mengoes sepeda tadi, menghampiri warga sembari memberikan maklumat dari Kapolda Sumsel.

“Personil Polwan Polres OKI, akan menyinggahi para warga, terutama mereka yang sedang beraktifitas di kebun dan lahan untuk memberikan maklumat Kapolda Sumsel tentang himbauan larangan membakar hutan,” kata timpal Kabag Ops Polres OKI Kompol Yudha.

Untuk diketahui, jajaran Polres OKI sejak lama telah melakukan antisipasi penjagaan kebakaran hutan, baik melalui Bhabinkamtibmas dan plang pengumuman serta berbagai baleho bertuliskan dilarang membakar hutan. "Untuk mensukseskan kegiatan asian games kepolisian bersama masyarakat dan pemerintah menjaga terjadinya asap akibat kebakaran hutan," tandad Kompol Yudha. ( Sanfriawan)

Post a Comment