OGAN ILIR, kabarakayatsumsel.com.-Puluhan tim PKK desa Meranjat satu memadati Balai desa Meranjat satu kecamatan Inderalaya selatan, kedatangan puluhan ibu - ibu PKK tersebut dalam rangka penilaian lomba PHBS, Posyandu Balita, Posyandu Lansia, lingkungan Bersih dan sehat.tingkat kabupaten Ogan Ilir 2018.


Camat Inderalaya selatan Kamaludin dalam sambutannya, mengatakan, Desa Meranjat I merupakan wakil dari desa desa sekecamatan Indralaya Selatan.

"Kami sangat mengharapkan walaupun ini penilaian silahkan saja untuk mengkritik serta saran dari tim penggerak PKK kabupaten dan tim penilai dari kabupaten" kata Camat Inderalaya Selatan Rabu 25 /7 2018 di balai desa Meranjat I," jelasnya.

Sementara ketua Tim PKK kabupaten Hj Meli Mustika dalam hal ini di wakili Hj Amdia Dewi, kedatangan kami dan Rombongan untuk memantau secara langsung kegiatan Desa Meranjat I. Sebagai wakil dari kecamatan Inderalaya selatan, sebagai tingkat kabupaten ogan ilir (OI)

 Amdia Dewi mengatakan  kalau meranjat I dapat memenangjan lomba desa tingkat kecamatan maka Desa ini akan sebagai mewakili kabupaten Ogan Ilir (OI)

Ditempat terpisah ketua Tim penilaian H.Muchlison, kriteria yang dinilai, dalam lomba PHBS. Pos yandu Balita Pos Yandu Lansia lingkungan Bersih dan Sehat ada sepuluh indikator prilaku  hidup bersih dan sehat rumah tangga.
Adapun 10 indikator tersebut ialah
Persalinan dibantu tenaga kesehatan, memberikan ASI Ekslusif selama 6 bulan, berat badan anak ditimbang secara berkala menggunakan air bersih, cuci tangan dengan sabun, menggunakan Jamban yang sehat, membasmi Jentik nyamuk, memakan sayuran dan buah buahan setiap hari, beraktifitas secara reguler setiap hari dan tidak merokok dalam rumah.papar Nya.


Dia juga menambahkan Ibu-Ibu lansia aktif senam lansia satu minggu sekali dan Lansia berkunjung ke posyandu satu bulan sekali.
H Muchlison mengatakan selain menilai Lomba PHBS ini agar dapat hidup bersih dan sehat.  "Karena sehat itu mahal harganya,"  jelasnya.


Post a Comment