Kayuagung, KabaRakyatsumsel.com-- Di hari terakhir, Selasa (17/7/2018) untuk pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) 2019, di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), partai Nasdem membondong 45 orang mendaftar ke KPU mengincar kursi unsur pimpinan di DPRD OKI Periode 2019-2024.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem OKI, H Solahuddin Djakfar SH mengatakan, pada bursa pencalonan legislatif 2019 nanti, pihaknya mendaftarkan 45 nama untuk lima dapil yang ada di Kabupaten OKI.

Menurutnya, nama-nama yang didaftarkan tersebut bukanlah hanya sekedar untuk mencukupi syarat kuota caleg di setiap dapilnya, akan tetapi memang nama-nama yang potensial serta melalui proses rekriutment dengan berbagai metedologi dan mempertimbangkan tingkat popularitas maupun elektabilitas caleg itu sendiri dan telah melalui berbagai tahapan seleksi.

“Jadi sejak dua tahun lalu, kami telah melakukan pendekatan dan komunikasi-komunikasi politik terhadap para calon ini. Ada yang kades dua periode, anak kades, anak anggota dewan juga ada,” katanya usai mendaftar di Sekretariat KPUD OKI.

Dengan berbagai tahapan tersebut, dirinya meyakini 2019 adalah tahun kemenangan untuk partai Nasdem, mulai dari tingkat nasional hingga kabupaten. “Jadi Insya Allah saya punya perkiraan untuk hal ini, dan yakin mendapatkan minimal enam kursi dan maksimal delapan kursi,” tutur Endeh nama sapaan akrapnya.

Selain rekruitment caleg yang potensial ujar Endeh, DPD Nasdem OKI juga memiliki strategi dan perjanjian didalam internal partai terutama sesama caleg. Sehingga setiap caleg bukan hanya bersaing untuk mencari suara masing-masing, akan tetapi berjuang untuk kepentingan partai. Artinya, partai harus meraih suara sebanyak-banyaknya disetiap dapil, sehingga berpeluang caleg dari Nasdem semakin besar untuk terpilih.

“Ada perjanjian dan kompensasi secara internal, jadi nanti tidak ada yang dirugikan baik materi atau posisi politiknya, namun saya tidak bisa ceritakan secara gambling. Tetapi ini bentuk komitmen bagaimana Nasdem kedepan akan menjadi pemenang,” kata Endeh.

Ketua KPUD OKI, Dedi Irawan SIP MSi didampingi Komisioner KPU Deri Siswadi SIP, Amrullah SPd, Idham Halik SE, pebrida Wardhani SE MSi, dan Sekretaris Dra Dirta Sarina menyatakan, Partai NasDem merupakan partai pertama yang mendaftarkan diri ke KPU.

"Ini memang hari terakhir, dan akan ada partai lain yang datang kesini untuk mendaftarkan Bacalegnya, dan dibuka sampai pukul 24.00," tandasnya. ( Sanfriawan)

Post a Comment