MUARA ENIM, KabaRakyatsumsel.com-Adanya Moda transportasi yang baik tentu saja menjadi harapan seluruh masyarakat. Ketersediaan moda yang nyaman, aman, dan murah menjelang mudik lebaran tahun ini, tentu akan menjadi favorit warga.
Untuk memenuhi hak masyarakat tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim melalui Dinas Perhubungan (Dishub) bahkan akan menggratiskan para penumpang yang akan mudik ke Muara Enim. Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dishub (Kadishub) Muara Enim, Riswandar saat dihubungi via Hp, Jumat (1/6).
“Ini masih wacana dan sementara diusahakan. Jadi saya memiliki rencana dengan menggandeng pihak ketiga (perusahaan swasta) untuk membantu sehingga pemudik dari Palembang ke Muara Enim tidak perlu lagi berpikir biaya alias gratis,” ungkapnya.
Apalagi lanjut Riswandar, antusiasme masyarakat Muara Enim terbilang tinggi dengan kehadiran armada Damri. Tentunya, jika rencana tersebut bisa terealisasi, masyarakat yang akan mudik akan terbantukan.
“Rencananya, fasilitas Damri gratis rute Palembang – Muara Enim itu dilaksanakan sekitar H-3 dan H-2. Nanti keputusannya akan kami sampaikan ke pihak Damri, agar penumpang yang akan mudik digratiskan,” sambungnya.
Terkait wacana tersebut, General Manager (GM) Perum Damri Palembang, Suranto S SI saat dikonfirmasi, sangat antusias dengan langkah positif yang akan diambil tersebut.
“Kami sangat senang dengan kabar tersebut. Pada prinsipnya Perum Damri Palembang sangat mendukung hal itu. Ini berarti ada sinergi dan kerjasama antara BUMN dan Pemkab Muara Enim,” ujarnya seraya berharap sinergi tersebut bisa diterapkan untuk pemerintah daerah lain di Sumatera Selatan (Sumsel).
Ditambahkan, untuk memudahkan rencana tersebut, Perum Damri akan mengikuti mekanisme yang ditawarkan pemerintah daerah. “Mekanismenya kami akan mengikuti keinginan dari Dishub atau Pemkab Muara Enim, baik itu skema maupun jadwal keberangkatan armada mudiknya,” pungkasnya.

Post a Comment