MUARA ENIM, KabaRakyatsumsel.com – Pada hari pertama masuk kerja pasca cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1439 H, ‎Sekda Muaraenim Hasanudin dan pejabat teras Pemkab Muaraenim, melakukan inspeksi mendadak (sidak) kehadiran pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Muaraenim, Kamis (21/6/2018).

Menurut Sekda Muaraenim Hasanudin, mereka dibagi-bagi dalam melakukan sidak. Kebetulan Sekda melakukan sidak ke arah kompleks perkantoran Islamic Centre.
Dari hasil sementara sidak, belum ditemukan PNS yang bolos, sebab sudah diberitahu dan diwanti-wanti jauh-jauh hari jangan sampai bolos.

Namun ada juga yang tidak masuk dengan alasan sakit dan keluarganya ada yang meninggal dunia. Dan jika masih ada PNS yang bolos atau masuk kerja tanpa keterangan pasti akan diberikan sanksi sesuai aturan berlaku.

“Saya tidak tahu di OPD lain, tetapi OPD yang saya sidak belum ditemukan,” ujarnya.
Dikatakan Hasanudin, Sidak ini, sebagai tindak lanjut dari surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi, Nomor : B/18/M.SM.00.01/2018 tanggal 7 Juni 2018, perihal laporan hasil pemantauan kehadiran aparatur negara sesudah cuti bersama hari raya idul fitri 1439 Hijriyah.

Untuk penegakan disiplin Aparatur Negara dan optimalisasi pelayanan publik setelah pelaksanaan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1439 H, segera dilaporkan hasilnya kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada hari yang sama.
Dan laporan disampaikan melalui aplikasi https://sidina.menpan.go.id secara online.

Hal senada dikatakan oleh Asisten I Pemkab Muaraenim M Teguh Jaya, mengatakan, sidak terhadap kehadiran PNS sesudah cuti bersama ini, sebagai tindak lanjut dari surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi.

Dan sebelum liburan dan cuti bersama sudah diimbau kepada seluruh PNS agar tidak memperpanjang libur lebaran idul fitri, sebab tanggal 21 Juni 2018, aktivitas kantor berjalan kembali dan sesuai dengan surat MenPAN-RB.

“Nanti siang, seluruh laporan tersebut sudah dikirim ke Kemenpan RB RI,” ujarnya.(*)

Post a Comment