PRABUMULIH, KabaRakyatsumsel.com-Jumlah TPS (Tempat Pemungutan Suarat) di Prabumulih bertambah. Semula berjumlah 445 TPS, saat ini bertambah menjadi 672 TPS.

Hal ini dikatakan Ketua KPUD Prabumulih M  Tahyul Hamid  saat dimintai konfirmasi via phone, Rabu (20/6). "Betul ada penambahan jumlah TPS berdasarkan hasil Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara untuk Pileg dan Pilpres. Daftar Pemilih Sementara ini gabungan antara DPT Pilkada ditambah Pemilih Pemula," jelasnya. Penambahan ini berdasarkan penentuan dari KPU Pusat. Pertimbangannya lanjut Tahyul, karena ada lima lembar surat suara pada Pileg dan Pilpres. " Ada lima surat suara yaitu surat suara tingkat Kota/Kabupaten, tingkat Provinsi, tingkat Pusat dan Pemilihan Presiden," tambahnya lagi. Pertimbangan lainnya adalah pengalaman penghitungan hingga tak sampai larut malam.

Ditanya kesiapan Pilkada, Tahyul menyatakan untuk PPK sudah berikan bintek siap 100 persen, begitupun PPS. "Saat ini kita sedang bintek KPPS selama dua periode dimulai hari Selasa (19/6) dan hari ini," katanya.

Kesiapan dan pengaman surat suara sudah siap. "Kita sedang pilah-pilah surat suara untuk dimasukkan ke kotak suara. Distribusinya pada H-1 pencoblosan," ujarnya. Faktor keamanan menjadi alasan dipusatkannya distribusi kotak dan surat suara ke TPS.

Mantan Kepala Dinas Sosial Kota Prabumulih ini menyatakan sudah mengintruksikan ke PPK, PSS dan KPSS untuk menerima pemilih dengan menunjukkan KTP-Elektronik. "Bisa memilih dengan pertimbangan ia penduduk di wilayah tersebut," paparnya lagi.

Ia juga menjelaskan jika ada pemilih yang sudah mendapatkan surat undangan memilih,karena bekerja di wilayah lain akan didiskusikan."Aturan ini kan dinamis.Bisa saja sudah diputuskan, namun dapat berubah. Jadi jika ada warga Prabumulih yang sedang bekerja di Muara Enim, tentu tak dapat memilih untuk pemilihan Walikota/Bupati.Tapi untuk Pilgub Sumsel tentu bisa memilih," terangnya.

Namun ia berjanji akan menyampaikan hal ini saat rapat dengan KPU Provinsi. "Tentu kita akan cari solusi,"pungkasnya.


Post a Comment