BANYUASIN,  KabaRakyatsumsel.com -- Dalam rangka membina generasi muda dalam hal bidang olah raga Futsal, Pemerintah Desa Sidang Emas Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin bangun sarana olahraga desa lapangan Futsal. Kegiatan pembangunan sarana olahraga desa tersebut dibiaya dari sumber Dana Desa Tahap I Tahun 2018 

Kepala Desa Sidang Emas M. Basahil menjelaskan, Pelaksanaan pembangunan dikerjakan dengan cara Swakelola dengan menggunakan tenaga kerja masyarakat setempat.

Dengan dibangunnya sarana olahraga desa kata dia, diharapkan akan membina generasi muda di Desa Sidang Emas khususnya dibidang olahraga Futsal. 

"Ini merupakan salah satu prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2018, apalagi dikerjakan dengan Sistem Swakelola, ini berarti manfaat Dana Desa benar-benar dirasakan oleh masyarakat Desa Sidang Emas," ujar Kades M. Basahil saat dibincangi Media ini. Rabu (13/06).

Secara khusus Kepala Desa Sidang Emas beserta perangkat desa menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah dengan adanya Kebijakan Dana Desa dapat meningkatkan pembangunan sarana prasarana desa dan memberdayakan masyarakat.

Menurut Kades M.Basahil keberadaan lapangan Futsal yang dibangun di tanah Desa seluas 15 meter x 26 meter tersebut, tidak lama lagi sudah dapat digunakan oleh warga desa, penggunaan fasilitas desa ini masih gratis.

"Karena keberadaan lapangan olah raga ini sebagai ajang silaturrahim warga antar dusun di Desa Sidang Emas. Selain itu, aktifitas olah raga Futsal ini diharapkan bisa menekan kenakalan remaja menggunakan narkoba," jelas Kades.

Sementara itu Ketua TPK Hendri Sugianto mengatakan, tahap awal untuk pembangunan lapangan Futsal ini hanaya sebatas pengecoran lapangan dan pemasangan dinding jaring. Sedangkan untuk atap mungkin setelah pencairan Dana Desa tahap kedua.

"Ya karena keterbatasan anggaran jadi pembanguan lapangan Futsal ini hanya sebatas pengecoran lapangan dan pemasangan dinding dari jaring. Insya Allah dalam satu minggu ini pengerjaan lapangan Futsal ini bisa selesai dan sudah dapat dipergunakan oleh masyarakat," kata dia.

Sementara Rayen, Kabid Bina Pemdes Dinaa Pemberdayaan Nasyarakatdl Desa (DPMD) Kabupaten Banyuasin, ia mengatakan memang tahun 2018 ini Desa Sidang Emas merupakan salah satu Desa terbaik dalam pelaksanaan dan pengelolaan dana desa.

"Salah satunya pembangunan sarana olah raga Futsal yang bisa selesai dalam jangkan 1 minggu dan dari Pemkab Banyuasin sudah mendapat respon positif," kata dia saat dihubungi lewat via telpon. (Adam).

Post a Comment