MUARA ENIM, KabaRakyatsumsel.com - Setelah berhasil meraih predikat Adiwiyata Tingkat Provinsi pada tanggal 1 Agustus tahun lalu, SD Negeri 26 Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim menargetkan di tahun ini untuk dapat meraih predikat Adiwiyata di tingkat nasional dan jika berhasil di tingkat nasional maka SDN 26 akan menuju Adiwiyata Mandiri. Hal ini diungkapkan Rustiawati SPd Kepala Sekolah SDN 26 Lawang Kidul kepada portal ini saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (26/4).

Dikatakannya, untuk menuju keberhasilan itu pihaknya mengharapkan dukungan dan bantuan dari pemerintah, terutama fasilitas sekolah, salah satu yang saat ini lagi dibutuhkan di SDN 26 yakni Ruang Kelas Baru (RKB), karena menurutnya ruangan kelas yang ada sekarang sudah tak memadai. "Saat ini ruangan kelas di SDN sudah tak sebanding dengan banyaknya jumlah siswa yang ada. Untuk itu saya berharap kepada pemerintah untuk membangun RKB dengan meningkatkan ruang kelas menjadi dua tingkat," ujarnya. 

Masih katanya, selain mengharapkan bantuan dan dukungan dari pemerintah, dalam meraih Adiwiyata baik tingkat nasional maupun mandiri pihaknya juga telah bekerja sama dengan PT. Pama Persero dan Puskesmas Tanjung Enim.

"Kita sudah bekerja sama dengan PT. Pama Persero dalam hal kesehatan lingkungan sekolah. Sedangkan untuk kesehatan siswa dan siswa sehat kita mendapat dukungan dan kerjasama dengan Puskesmas Tanjung Enim," jelasnya.

Lanjut Kepsek lagi, untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat di sekolah, pihaknya mengajak para siswa melakukan berbagai kegiatan bersih-bersih dilingkungan sekolah yang rutin dilakukan pada hari Kamis. "Setiap hari Kamis, sebelum masuk ruangan kelas, dewan guru mengajak para siswa melakukan kegiatan membersihkan lingkungan di sekolah. Hal ini kita lakukan agar para siswa sadar dan memahami artinya kebersihan untuk hidupnya maupun lingkungan di sekitar mereka berada. Kita lakukan kegiatan ini sejak dini, sehingga sampai mereka dewasa nanti selalu tertanam didirinya untuk mencintai lingkungan agar selalu bersih untuk kesehatan," terangnya.

Tak hanya itu, dikatakan Rustiawati SPd, SDN 26 juga telah melakukan berbagai kegiatan lingkungan seperti pengomposan dan kerja bakti. "17 Maret 2017 lalu, Siswa SDN 26 Lawang Kidul bersama PLH dan PT Pama Persada mengadakan kegiatan pengomposan dan pada tanggal 18 April lalu di SDN 26 ini juga menggelar kerja bakti guru, siswa dan Puskesmas Tanjung Enim," pungkasnya.

Post a Comment