KAYUAGUNG, KabaRakyatsumsel.com -- Program pendidikan kuliah gratis oleh Perusahaan PT OKI Pulp and Paper Mills terus berlangsung, seleksi terhadap siswa dan siswi jurusan IPA se-Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Kini dari 208 peserta berkurang menjadi 51 peserta ikut seleksi psikotes dan wawancara, Senin (21/5).

Dijelaskan Direktur PT OKI Pulp and Paper Mills H Gadang H Wartawan melalui Staf ERD General Offair, Ayu Satiya Damayanti, awalnya seleksi calon mahasiswa ini berjumlah 208 orang di tingkat SMA jurusan IPA, setelah lulus di administrasi peserta ikut tes tahapan materi pelajaran, dan dinyatakan lulus berkisar 147 orang.
Lalu, setelah mengikuti mengerucut menjadi 51 orang yang sekarang ikut tes wawancara dan psikotes. Dari 51 peserta akan diambil hanya 21 peserta lagi.

"Peserta yang ikut ini benar-benar pelajar pilihan dan bisa membuat harum nama Kabupaten OKI," kata Ayu seraya menyebutkan sejak berdirinya Perusahaan OKI Pulp and Paper Mills di Kabupaten OKI sudah puluhan siswa yang dikuliahkan dan mendapat beasiswa dari perusahaan.

Ayu berharap, perusahaan OKI Pulp ini di isi tenaga kerjanya oleh anak-anak bangsa yang ada di wilayah Kabupaten OKI dan Sumatera Selatan.  Untuk itu, dari hasil seleksi ini benar-benar menghasilkan bibit unggul, calon dari mahasiswa yang teladan.
"Nanti 21 peserta terbaik diberikan beasiswa dan dikuliahkan di Institut Teknologi dan Sains Bandung jurusan Teknologi Pengolahan Pulp dan Kertas. Setelah mereka lulus langsung bekerja di pabrik kertas terbesar di Asia Tenggara di Wilayah Kecamatan Air Sugihan OKI," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan H Mashersatausa`i melalui Sekdin OKI H Imam Tuohari mengharapkan, selain perusahaan PT OKI Pulp and Paper Mills yang peduli pendidikan dan pekerjaan khusus warga OKI asli, juga perusahaan lain yang berada di wilayah OKI turut serta perhatian lingkungan di dunian pendiidkan dan infrastruktur lainnya. Sebab di OKI ini banyak perusahaan. Namun yang nuata dan peduli hanya ada beberapa perusahaan saja.

"Perusahaan PT OKI Pulp baru di OKI, namun telah banyak berbuat untuk OKI," ujar Imam tak kalah juga Perusahaan PT Sampoerna Agro group sudah berbuat di dunia pendidikan.

Masih kata Imam, dengan adanya beasiswa pendidikan kuliah yang telah berlangsung di programkan oleh PT OKI Pulp and Paper Mills, tentunya pihak pendidikan sangat berterimkasih atas pedulinya akan anak didik asal Kabupaten OKI. "Bagi anak-anak yang beruntung, agar manfaatkan peluang yang sangat berharga ini, belajarnya dengan sungguh-sunggung," tandasnya. (Sanfriawan)

Post a Comment