BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com --  Sekolah Menengah Atas Negeri 1 (SMAN) Kecamatan Suak Tapeh adalah suatu sekolah yang sangat masih dini dan masih banyak memerlukan fasilitas yang bisa menunjang kelancaran kegiatan mengajar dan belajar bagi para guru
dan siswa / siswinya.

Termasuk dengan para tenaga pengajarnya yang mayoritas masih berstatus honorer. Tapi semua itu tidak menyurutkan bagi para guru dan siswa / siswinya  untuk selalu berbuat yang terbaik demi untuk membesarkan nama baik sekolah mereka.

Menurut  Ita Rizki Sri Lestari, S.Pd selaku Waka Kurikulum SMAN 1 Suak Tapeh, mengatakan, bahwa bagi dirinya, yang pasti Guru yang bertugas sebagai pendidik dituntut untuk dapat menyelenggarakan pembelajaran yang menarik dan bermakna sehingga prestasi yang dicapai dapat sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

"Setiap mata pelajaran memiliki karakter yang berbeda dengan pelajaran lainnya. Dengan demikian, masing-masing mata pelajaran juga memerlukan sarana pembelajaran yang berbeda pula,"  ujar dia saat dibincangi media ini. Sabtu (05/05)

Dikatakan dia, bahwa dalam menyelenggarakan pembelajaran guru pastinya memerlukan sarana yang dapat mendukung kinerjanya sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan menarik. Tapi meskipun kita belum memiliki semuanya, kita selalu tetap berusaha memberikan yang terbaik.

"Dengan dukungan sarana pembelajaran yang memadai, guru tidak hanya menyampaikan materi secara lisan, tetapi juga dengan tulis dan peragaan sesuai dengan sarana prasarana yang telah disiapkan guru, namun hal tersebut walau sepenuhnya belum dimiliki sekolah ini, kita tetap berupaya selalu untuk mencerdaskan mereka agar tetap meraih prestasi ," imbuh dia.

Menurut dia, Guru memang membutuhkan sarana pembelajaran dalam menunjang kegiatan pembelajaran. Selain kemampuan guru dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran, dukungan dari sarana pembelajaran sangat penting dalam membantu guru. Tapi hal itu bu0kanlah penghalang bagi dia untuk menyalurkan ilmu yang dimilikinya.

"Ya tentunya semakin lengkap dan memadai sarana pembelajaran yang dimiliki sebuah sekolah akan memudahkan guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai tenaga pendidikan. Begitu pula dengan suasana selama kegiatan pembelajaran," jelas dia.

Sarana pembelajaran lanjut dia, jelas harus dikembangkan agar dapat menunjang proses belajar mengajar. Ada beberapa hal yang perlu dikembangkan dalam menunjang proses belajar mengajar: 1) perpustakaan, 2) sarana penunjang kegiatan kurikulum, dan 3) prasarana dan sarana kegiatan ekstrakurikuler dan mulok.

"Mengingat pentingnya sarana prasarana dalam kegiatan pembelajaran, maka peserta didik, guru dan sekolah akan terkait secara langsung. Peserta didik akan lebih terbantu dengan dukungan sarana prasarana pembelajaran," tutur dia.

Lebih lanjut dikatakan dia, bahwa tidak semua peserta didik mempunyai tingkat kecerdasan yang bagus sehingga penggunaan sarana prasarana pembelajaran akan membantu peserta didik, khususnya yang memiliki kelemahan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Bagi guru akan terbantu dengan dukungan fasilitas sarana prasarana. 

"Kegiatan pembelajaran juga akan lebih variatif, menarik dan bermakna. Sedangkan sekolah berkewajiban sebagai pihak yang paling bertanggung jawab terhadap pengelolaan seluruh kegiatan yang diselenggarakan. Selain menyediakan, sekolah juga menjaga dan memelihara sarana prasarana yang telah dimiliki," pungkas dia. (Adam)

Post a Comment