OGAN ILIR,  kabarakyatsumsel.com Untuk meningkatkan pelayanan publik atau dengan kata lain mewujudkan e-government,  berbagai program telah dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Ogan Ilir salah satunya, dalam waktu dekat Dinas Komunikasi dan Informamatika (Diskominfo) Kabupaten Ogan Ilir akan mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) .

Sistem ini merupakan aplikasi yang didalamnya menyimpan berupa data-data penting pemerintahan desa, seperti data Kependudukan, jumlah penduduk laki-laki dan perempuan, Profil desa, layanan surat administrasi kependudukan dan berbagai hal lainnya yang berkenaan dengan kepentingan desa.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ogan Ilir Drs Yohanas MP.d didampingi Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Mira Diani S.T MS.i  dan  Kasi Kehumasan Dedy Darmawan S.E mengatakan untuk sementara aplikasi tersebut akan diuji coba di dua Kecamatan yakni Kecamatan Rantau Alai dan Kecamatan Sungai Pinang, adapun desa yang menjadi titik ujicoba tersebut antara lain Desa Tanjung Serian, Desa Lebung Bandung dan desa mekar sari,"jelas Kadiskominfo saat ditemui di stand Kominfo Ogan Ilir Expo 2018, di Kompleks Perkantoran Terpadu Pemkab OI Tanjung Senai Senin (30/04/2018) 

 Yohanas menambahkandengan adanya aplikasi ini selain menyimpan data-data penting  tentang pemerintahan Desa, juga menyimpan format surat-menyurat administrasi pemerintahan Desa," sehingga kepala desa tidak perlu lagi susah-susah menyusun naskah surat menyurat karena dalam aplikasi tersebut sudah tersedia berbagai bentuk format surat menyurat administrasi. kepala desa atau perangkat desa hanya tinggal menganti data-data yang diperlukan dalam berbagai jenis surat tersebut," jelasnya .

Dia berharap agar setelah diujicobakan aplikasi SID di beberapa Desa ini, dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya untuk diterapkan di seluruh desa di Kabupaten OI.  hal ini juga sesuai dengan Instruksi Bupati OI H M Ilyas Panji Alam" turup nya

Sementara Bupati Kabupaten Ogan Ilir H.M Ilyas Panji Alam saat mengunjungi stand Diskominfo beberapa waktu lalu mengatakan sangat Mengapresiasi dengan adanya program SID yang dikembangkan oleh Diskominfo bahkan ia mendorong internet harus masuk keseluruhan pelosok desa,"ungkap orang nomor satu di bumi caram seguguk.

Menurut Ilyas dengan masuknya internet kesetiap desa, dapat mempermudah komunikasi dan informasi antara pemerintah Kabupaten OI dengan 241 desa/kelurahan yang tersebar di 16 kecamatan.

"Selain itu juga dengan adanya program SID Diskominfo ini, dapat menyebarluaskan berbagai program unggulan Pemkab OI seperti satu desa satu madrasah, berobat gratis, sekolah gratis dan berbagai program unggulan lainnya yang memberikan dampak yang luas bagi seluruh lapisan masyarakat," tutupnya. (her)

Post a Comment