Kayu Agung, KabaRakyatsumsel.com--Upacara Penutupan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 Kodim 0402/OKI tahun 2018  di Desa Sungai Ceper Kecamatan Sungai Menang Kabupaten OKI Komering Ilir (OKI),  ditutup oleh Danrem 044 / Gapo Sriwijaya, Kamis (3/5/2018) kemarin.

Berbagai pertunjukan dihadirkan oleh Kodim 0402/OKI seperti seni tari kreasi, tari Gapelo persembahan Ibu Persit Candra Kirana Cabang XXXVII, panggung Hiburan rakyat, pemutaran Film TMMD 101 Sungai Ceper serta berbagai pertunjukan lainnya yang sontak menjadi tontonan warga.

Masyarakat antusias,berbondong-bondong datang untuk menyaksikan acara penutupan tersebut, hal ini terlihat masyarakat Sungai Ceper seakan tak ingin kegiatan ini berakhir, terpancar dari raut wajah para warga yang berbaur layaknya keluarga dengan Satgas yang tergabung dalam program TMMD.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Plt Bupati OKI HM Rifai SE, Danrem 044/ Gapo, Ketua DPRD OKI H Yusuf Mekki, serta Kepala OPD Kabupaten OKI yang terkait.

Dandim 0402-OKI Letkol Inf Sefrianizar S.sos menuturkan, 20 maret 2018 program TMMD untuk sasaran fisik telah mencapai, perehaban masjid Baitulrahman, pengecatan pagar masjid, pembangunan jembatan penghubung, penbangunan PAUD untuk anak usia dini, pembanguan jalan setapak, pembanguan lapangan bulu tangkis dan lapangan Volly untuk taruna Sungai Ceper, serta pembangunan Mck/toilet umum untuk warga Desa Sungai Ceper.

Selanjutnya, pelaksaan program TMMD dan hasil yang dicapai pada program Non Fisik yakni,  hubungan kerja yang baik diharapkan dapat memupuk persatuan dan kesatuan sebagai anak bangsa untuk saling menghargai, bahu-membahu membangun bangsa, sadar serta menghindari bahaya akan narkoba.

Dan, sampai saat ini juga Satgas TMMD, telah menerima 52 senpira dari masyarakat Sungai Ceper secara suka rela, mengingat selama ini desa Sungai Ceper dikenal dengan kampung perakit Senpira, kami harap kegiatan ini perlahan akan menghapus stigma Sungai Ceper yang dikenal sebagai kampung perakit Senpira akan hilang. “52 Senpira tersebut terdiri dari 47 pucuk laras pendek (pistol) , 5 pucuk laras panjang (Senapan), 2 butir munisi kaliber 5.56 mm dan 2 unit mesin bubut/alat pembuat senpira. TMMD juga telah memangun jembatan plat besi yang menghubungkan dusun 1 dan dusun 2 desa Sungai Ceper, yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sungai Ceper untuk melakukan aktifitas sehari-hari,”ujar Melati dua ini saat memimpin jalannya upacara penutupan TMMD ke- 101.

Danrem 044/ Gapo Kolonel Inf Iman Budiman Mengatakan, apresiasi dan penghargaan tinggi Kepada Tni  dan Masyarakat desa Sungai Ceper yang telah mendukung program TMMD ke 101 ini secara totalitas, “saya ucapkan terima kasih untuk semua pihak yang telah mensukseskan jalannya program TMMD ini secara totalitas, yang turut berperan aktif untuk bergotong royong serta bahu- membahu untuk membangun desa Sungai Ceper yang selama ini terpencil,” kata Danrem seraya ber

Lanjutnya, 30 hari sudah program TMMD membangun desa, hari ini ada 50 wilayah melangsungkan perayaan penutupan program TMMD secara serentak. semoga semangat perjuangan membangun kesatuan dan persatuan tetap tercipta antara TNI dengan rakyat, selaras dengan tema TMMD pada tahun 2018 ini yakni Tni menunggal rakyat membangun karakter dan kemandirian bangsa.

“Atas nama dan penanggung jawab operasional mengucapkan maaf jika dalam pembangunan TNI-AD melakukan kesalahan, saya juga berpesan agar persatuan serta budaya gotong royong tetap terjaga meski TMMD ini berakhir, kepada masyarakat juga saya mengimbau agar  masyarakat senantiasa menjaga apa yang telah dibangun dan mudah-mudahan dapat berguna bagi masyarakat dalam kurun waktu yang lama,” harapnya

Plt Bupati OKI HM Rifai SE mengungkapkan, pihaknya sangat berterima kasih kepada pihak TNI, atas terselenggaranya TMMD ke 101 Di OKI khusunya di desa Sungai Ceper ini. ” sudah kita lihat bersama, hasilnya bisa kita lihat bersama berbagai kemajuan terlihat, desa yang dulu terpecil sekarang sudah mengalami kemajuan, TNI sangat luar biasa karna program TMMD telah membantu

Post a Comment