BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com -- Dalam upaya memelihara dan meningkatkan kondisi kesehatan Calon Jamaah Haji (CJH), Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin bekerjasama dengan Kantor Departemen Agama Banyuasin mengadakan kegiatan Pengukuran kebugaran bagi CJH Banyuasin untuk keberangkatan tahun 2018 sebanyak 234 CJH, acara yang di selengrakan di Area Lapangan Masjid Al amir Pemkab Banyuasin, yang dimulai pada pukul 08:00 WIB. Rabu (25/04)

Menurut salasatu Panitia dari Dinas Kesehatan ibu Rina, menjelaskan tes Kebugaran merupakan metode yang paling sederhana untuk menilai tingkat kebugaran pada calon jamaah haji. Tes Kebugaran Haji yang dilaksanakan dimulai dari Pemeriksaan Kesehatan berupa pengukuran tekanan darah dan denyut nadi yang dilanjutkan dengan latihan kebugaran jasmani yang dilaksanakan dengan metode Rockport.

Metode Rockport merupakan tes kebugaran bagi calon jamaah haji dengan cara berjalan cepat/berlari kecil sejauh 1,6 km.  Tes Jalan Rockport merupakan salah satu metode yang biasa dipakai untuk menilai kesanggupan kardiovaskuler saat beraktivitas fisik dengan mengestimasi kapasitas aerobik.

Orang yang dites diminta berjalan secepat mungkin (sesuai kesanggupan) sejauh 1,6 km lalu dihitung waktu tempuhnya (dalam menit) dan denyut nadinya dalam satu menit. Tes ini dapat dilakukan pada semua orang, baik pria maupun wanita, setelah dinyatakan aman untuk melakukannya oleh dokter pemeriksa.

Dengan dilaksanakannya Pemeliharaan kebugaran jasmani bagi jamaah haji ini diharapkan Calon Jamaah Haji dapat memiliki kondisi kesehatan yang optimal menjelang keberangkatan sampai kembali ke Tanah Air  sejak di daerah asal, di perjalanan, embarkasi / debarkasi haji, selama di Arab Saudi dan setelah kembali ke Tanah Air. (Adam)

Post a Comment