BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com -- Sebanyak 9 ekor sapi betina lokal CSR dari SKK Migas (PT Medco, P Indonesia West, Conoco Philip ltd dan PT Pertamina EP Asset 1 Field Ramba) sejak 31 Januari 2017 hingga April 2018 merumput dilahan sawah bupati Banyuasin Ir SA Supriono MM. Tepatnay di Kelompok Tani Karya Tani Desa Muara Sugi  Kecamatan Tanjung Lago.

Hal ini terungkap saat sejumlah masa melakukan demonstran dari Fron Aktifis Biru Sematera Selatan menggelar demonstrasi ke Kejari Banyuasin Kamis (12/4).

Koordinator aksi Heryadi alias Duk mengatakan, agar Kejari segera memberikan keterangan secara jelas dugaan penyalahgunaan wewenang dan kebijakan terkait permasalahan CSR SKK Migas diantaranya dari PT Pertamina dan PT Medco Energi, P Indonesia West, conoco Philip yang merelokasi sejumlah sapi betina kepada seorang bupati.

"Berdasarkan investigasi kami di lapangan bahwa bantuan CSR berupa 9 ekor sapi betina beserta 1 buah kandang sapi dibuat diatas tanah bupati, semestinya didirikan diatas tanah masyarakat Desa Muara Sugi Kecamatan Tanjung Lago," kritik Heryadi.

Dikatakan dia, dari informasi yang diterima bahwa 9 ekor sapi-sapi tersebut telah diserahkan oleh kepala perwakilan SKK Migas Sumbagsel Tirar Sambu Ichtijar kepada Bupati Banyuasin Bpk Supriono untuk pemerintah Kabupaten.

"CSR berupa Fasilitas kandang sapi dan 9 ekor sapi betina lokal adalah program yang bagus dalam jangka panjang, kedepannya akan dapat menghasilkan ekonomi yang baik bagi kelompok tani dan lingkungan sekitarnya," kata dia.

Terpisah saat dikonfirmasi Bupati Banyuasin SA Supriono melalui Kadis Kominfo Banyuasin, mengklarifikasi pernyataan Front Activi's Biru tersebut.

Menurut  Erwin, Bantuan CSR berupa 1 (satu) unit bangunan fasilitas kandang sapi dan ternak sapi sebanyak 9 (sembilan) ekor dari SKK-Migas/PT. Medco tersebut dibangun diatas tanah milik Pemda Kabupaten Banyuasin seluas 45.160 M2 yang tercatat pada Simda Barang Disnakertrans Kabupaten Banyuasin, pengadaan tahun 2007, peruntukannya untuk Balai Latihan Kerja (BLK). 

Bantuan fasilitas kandang sapi dan ternak sapi CSR tersebut diterima oleh Bpk. Ir. S.A. Supriono, MM selaku Bupati Banyuasin mewakili Pemda Banyuasin dari Lembaga/Perusahaan Pemberi bantuan CSR, dan selanjutnya bantuan tersebut diserahkan oleh Bupati Banyuasin kepada Kelompok Tani Karya Tani Desa Muara Sugih Kecamatan Tanjung Lago dan diterima oleh sdr. Asnawi selaku ketua Kelompok Tani Karya Tani.

Selanjutnya kata Erwin Ibrahim sapi tersebut untuk dipelihara dan dikembangbiakkan lebih lanjut guna kemaslahatan seluruh anggota kelompok tani dan masyarakat desa Muara Sugih, 
Jadi tidak ada sapi bantuan tersebut di tarik dan diletakkan ke tanah pribadi pak bupati Supriono.(Adam)

Post a Comment