PALI, Kabarakyatsumsel.com, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia Hari ini kunjungan kerja ke kabupaten penukal abab lematang ilir (PALI), Selasa (30/1/2018).

Bertemakan dari desa untuk indonesia, kunjungan Kerja Boediarso Teguh Widodo dari DJPK Kemenkue guna mensosialisasikan Desiminasi Dana Desa (DD) yang bertempat digedung asendora kompleks  pertamina EP Asset II  Field pendopo kecamatan talang ubi Kabupten PALI.


Bertepatan dengan kunjungan dari jajaran dirjen dan staf dari kementerian keuangan Republik Indonesia (RI), Bupati penukal abab lematang ilir, Ir H.Heri Amalindo MM tidak mensia-siakan kesempatan istimewa tersebut itu, seperti yang diungkapkan melalui kata sambutanya di gedung asendora pendopo

Heri Amalindo menjelaskan sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB) baru berusia 4 tahun, masih banyak kekurangan. "Pada tahun 2013, jalan mulus di PALI baru 30 persen. Dan sekarang pada akhir 2017, jalan mulus di PALI sudah mencapai 73 persen. Dan kami belum punya kelonggaran dalam penggunaan APBD untuk membangun gedung perkantoran," terang Heri. Ia berharap dengan kedatangan Dirjen bersama staf mendampingi anggota DPR RI Komisi XI dapat merealisasikan pembangunan sarana dan prasana perkantoran di PALI ini.

Dalam kesempatan tersebut, Boediarso Teguh Widodo juga menyampaikan sosialisasi Desiminasi dana desa serta anjuran dan peruntukan penggunaan dana desa.

"Penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, peningkatan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan yang  dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa" Jelas Dirjen perimbangan keuangan ini

Ditambahkanya, Pelaksanaan kegiatan yang dibiayai dari Dana Desa berpedoman pada pedoman teknis yang ditetapkan oleh bupati/walikota mengenai kegiatan yang dibiayai dari Dana Desa. Pelaksanaan kegiatan yang dibiayai dari Dana Desa juga diutamakan dilakukan secara swakelola dengan menggunakan sumber daya/bahan baku lokal, dan diupayakan dengan lebih banyak menyerap tenaga kerja dari masyarakat Desa setempat, demikian.

Selain  menggelar Sosialisai dan pemaparan Diserminasi, DJPK Kemenkeu RI dan rombongan juga meninjau lokasi perkantoran di Talang Kerangan kelurahan Talang Ubi Utara, kemudian dilanjutkan dengan meninjau Bandara eks. PT Stanvac di kelurahan Handayani Mulya, serta Candi Bumi Ayu di Desa Bumi Ayu Kecamatan Tanah Abang.(Sendi/Adventorial)

Post a Comment