Muara Enim, KabaRakyatsumsel.com-- Peringatan hari Kartini ke-139 tahun 2018 di Kabupaten Muaraenim, diselenggarakan di Gedung Kesenian Putri Dayang Rindu, Kamis (19/4/2018),Acara ini dihadiri oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) yang ada di Kabupaten Muaraenim yang disertai dengan Pemotongan Tumpeng.


Bupati Muaraenim H Muzakir Sai Sohar dalam sambutannya mengatakan, Kartini merupakan sosok yang telah berjuang tulus, agar kaum wanita mendapatkan hak yang sama seperti kaum laki-laki.  Oleh karena itu, kata Bupati, lahirnya Kartini harus diteladani dalam membimbing masayarakat yang bahagia.


"Saat ini, perempuan telah hidup setara dan sejajar dengan kaum laki-laki. Perempuan telah banyak ikut ambil bagian dalam pembangunan. Kaum perempuan Indonesia tidak ketinggalan dengan apa yang dikerjakan oleh kaum laki-laki mulai dari menjadi pesuruh, sampai menjadi Presiden, Menteri, Duta Besar dan lain sebagainya," ungkap Muzakir.


Bupati menegaskan, kesamaan derajat kaum perempuan dan laki-laki juga ada dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 228, bahwa kaum wanita itu mempunyai hak dan kewajiban yang sama dengan kaum pria.


"Islam memberikan kedudukan dan perhatian sebaik-baiknya terhadap kaum perempuan. Agama Islam juga memberikan hak dan kewajiban yang sama terhadap perempuan dengan kaum laki-laki, sesuai tugas dan perannya masing-masing," pungkasnya.


Pada acara ini juga Bupati memberikan penghargaan langaung kepada 10 Perempuan yang terpilih sebagai Perempuan yang berpenampilan Kartini terbaik.(adv)


Post a Comment