BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com --- Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Banyuasin terus mengintensifkan kegiatan penyuluhan tertib berlalulintas kepada  masyarakat maupun kepada pars pelajar dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran terhadap aturan dalam berlalu lintas di jalan raya.

Sebagaimana halnya dengan upaya Satlantas memberikan pemahaman tentang etika berlalu lintas dengan masyarakat Pangkalan Balai, yang berada di seputaran Pasar Pangkalan Balai, Kecamatan Banyuasin III, Kabupaten Banyuasin. Kamis (22/03) jam 07.30 WIB.

Kegiatan yang di pimpin langsung oeh Kasat Lantas Polres Banyuasin AKP Sukiman, S.H tersebut dengan memberikan peyuluhan dan himbauan dengan 7 Fokus Safety yaitu, Dilarang melawan Arus, Gunakan safety belt, Gunakan Helm SNI, Anak dibawah umur dilarang berkendara, Dilarang melebihi Batas kecepatan, Dilarang berkendara dalam keadaan mabuk dan Dilarang menggunakan HP pada saat berkendara

Dalam kesempatan tersebut, Kasat Lantas Polres Banyuasin AKP Sukiman, S.H  bersama anggotanya menyampaikan pemahaman dalam berlalu lintas yakni cara aman
warga masyarakat berangkat ke aktivitas setiap harinya, agar tertib aman dan lancar, “para orang tua juga hendaknya mencegak anak naik motor ke sekolah, apalagi yang belum dewasa,”  ujar dia.

Dikatakan dia, walaupun para pelajar telah bisa mengendarai sepeda motor namun para pelajar dilarang membawa sepeda motor khususnya dijalan raya. Hal ini mengingat para pelajar belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sebagai salah satu kelengkapan utama dan harus dimiliki bagi setiap orang yang mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya.

Hal tersebut  lanjut dia, dilakukan untuk mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas terutama pada pelajar. “Anak sekolah yang masih kecil, jangan kucing-kucingan dengan polisi, apalagi sampai melanggar dengan berkendara cenglu (boncengan tiga),” ungkap dia

Menurutnya, pemberian pemahaman aturan berlalulintas ini sebagai rangkaian Operasi Keselamatan Musi 2018  “Diharapkan kedepan saat para pelajar beranjak remaja ataupun dewasa mereka akan lebih patuh dan tertib dalam berkendara dijalan raya, demikian pula masyarakat pengguna jalan raya hendaknya dapat mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku,” jelas dia. (Adam)

Post a Comment