KAYUAGUNG, KabaRakyatsumsel.com-Pembukaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 101 tahun 2018 di Desa Sungai Ceper Kecamatan Sungai Menang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) direncanakan pada tanggal 4 April 2018 mendatang.

Kendati kondisi medan berat karena kontur tanah yang berair (rawa-rawa) serta ditambah kondisi cuaca hujan, tidak menyurutkan semangat prajurit TNI Kodim 0402/OKI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TMMD untuk tetap bekerja memulai pra TMMD dengan pekerjaan pembuatan badan jalan di desa pesisir Pantai Timur.

Dimana pembuatan badan jalan pada TMMD ke-101 ini direncanakan sepanjang 10 kilometer (Km) yang sudah dimulai sejak 5 hari lalu. Hingga sampai hari ini, Rabu (28/3/2018), Satgas tersebut sudah dapat menyelesaikan badan jalan sepanjang 850 meter.

Kondisi cuaca yang dalam beberapa pekan terakhir hampir setiap hari turun hujan tentu sangat mempengaruhi hasil pekerjaan alat berat yang ada, sehingga alat berat bekerja harus menggunakan bantuan pohon kelapa sebagai tapakan, kalau tidak alat berat akan tenggelam.

Prajurit Kodim 0402/OKI dengan dibantu oleh segenap lapisan masyarakat Desa Sungai Ceper berjibaku mengerjakan pembuatan jalan penghubung antara Desa Sungai Ceper Laut dengan Sungai Ceper Darat. Mereka tidak mengenal hari libur, setiap hari harus bekerja dengan semangat guna mengejar target selesai tepat pada waktunya.

Dandim 0402/OKI Letkol Inf Seprianizar, SSos saat dikonfirmasi melalui seluler, Rabu (28/3) mengatakan, kegiatan TMMD adalah membantu Pemda OKI melakukan percepatan pembangunan infrastruktur, khususnya di wilayah yang sulit terjangkau.

“Dalam TMMD sendiri, ada 2 kegiatan yang dilaksanakan yaitu fisik dan non fisik. Untuk fisik, kita akan membangun jalan 10 Km yang menghubungkan dusun 5 dengan dusun 8 Desa Sungai Ceper serta akan melanjutkan pembangunan masjid yang belum rampung selama 25 tahun di desa tersebut,” kata Letkol Seprianizar didampingi Danramil 0402/10 Kayuagung, Kapten Inf H Hatta.

Sementara untuk non fisik, lanjut Dandim, kita akan memberikan wawasan kebangsaan, pengobatan gratis, sunatan massal, pengentasan buta huruf Alquran, penyuluhan hukum, kamtibmas, serta narkoba. Selain itu juga akan melaksanakan perlombaan rakyat dan kegiatan-kegiatan dengan masyarakat yang melibatkan komponen dari Pemda, Polres, Kejari, BKKBN, ponpes dan organisasi binaan Kodim 0402/OKI.

"Sebenarnya, kita dalam TMMD ini lebih menitikberatkan pada sasaran non fisik, bagi kita masyarakat merupakan hal yang diutamakan. Sebab rakyat adalah ibu kandung TNI,” timpal Kapten Hatta. (Sanfriawan)

Post a Comment