KAYUAGUNG, KabaRakyatsumsel.com-Penyelenggaraan Asian Games 2018 di Palembang mendapatkan ancaman serius. Bencana kebakaran hutan jadi salah satu teror paling menakutkan di sana. Maka itu, Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, menekankan agar tidak ada kebakaran hutan dan lahan.
Khususnya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), adalah daerah yang menjadi titik utama dalam bencana kebakaran hutan dan lahan di kawasan Sumatera Selatan. Asap dari bencana kebakaran tersebut acap kali singgah ke Palembang.
Demi mengatasi hal tersebut, perangkat operasi daerah di Kabupaten OKI sudah menyiapkan sejumlah skema. Seperti yang disiapkan oleh Perusahaan PT Sampoerna Agro yang telah siaga untuk pengawasan terjadinya kebakaran.
Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara menyatakan, pihaknya sudah melakukan konsolidasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Manggala Agni, serta tim pemadam kebakaran dari 19 perusahaan perkebunan di Kabupaten OKI.
"Perintah langsung Presiden, kami harus siaga karhutla, karena Indonesia jadi tuan rumah Asian Games 2018," kata Zulkarnain, Rabu (14/3).
Masih kata Kapolda  Sumsel menyatakan sempat berkomunikasi dengan BMKG terkait prediksi cuaca selama Asian Games 2018. Dan, sepanjang gelaran Asian Games, Indonesia akan diselimuti musim kemarau.
Maka dari itu, potensi adanya kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten OKI terbilang besar. Zulkarnain pun meminta kepada seluruh elemen untuk tetap waspada.
"Bencana 2015 jadi pelajaran bagi semua. Tiap tahun, kami harus lebih waspada sejak dini dengan menetapkan tatus siaga karhutla sejak awal tahun lalu. Hasilnya tahun 2016 dan 2017 bencana karhutla bisa dihindari," Plt Bupati OKI HM Rifai SE.meminta kepada lapisan masyarakat dan perusahaan agar kita sama-sama mencegah agar tak terjadi kebakaran.
Selain pemantau persiapan penanggulangan kebakaran, pihak perusahaan PT Sapoerna Agro juga membangun pos pantau sebagaimaa dijelaskan oleh, Chief Operating Operation (COO) Pt Sampoerna Agro, Parluhutan Sitohang. Ada pembangunan pos pantai ini dalam rangka bersama-sama menjaga keamanan di wilayah operasional perusahaan.
“Terima kasih kepada masyarakat yang telah mengibahkan tanahnya untuk Pembangunan Pospol ini, mudah-mudahan keberadaan pospol ini bisa menciptakan rasa aman dan nyaman kita dalam beraktifitas sehari-hari,” tukasnya.

Peresmian Pospol yang dibangun melalui dana CSR PT Sampoerna Agro tersebut disaksikan juga oleh Plt Bupati OKI, HM Rifai SE, Kapolres OKI, AKBP Ade Harianto SH, Dandim 0402, Letkol Inf Seprianizar dan sejumlah OPD di jajaran Pemkab OKI serta sejumlah camat. (Sanfriawan)

Post a Comment