KAYUAGUNG, KabaRakyatsumsel.com ---  Mundurnya ketua tim pemenangan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati OKI H Iskandar-H Sodiq (ISO) Charil Syah, S.H masih menimbulkan banyak spekulasi dikalangan masyarakat.


Bahkan isu yang beredar terjadi perpecahan di dalam tim pemenangan ISO hingga desakan dari partai pengusung yang menginginkan mundurnya Chairilsyah dari jabatan ketua TIM Pemenangan karena dinilai bukan dari kalangan politisi.


Menanggapi hal tersebut Pengamat Politik dari UIN Raden Fatah Palembang, Yulion Zalpa, S.Phil., M.A mengatakan, dalam dinamika politik mundurnya ketua tim pemenangan itu disebabkan oleh banyak hal. “Sah-sah saja jika muncul persepsi yang berbeda dikalangan masyarakat karena mundurnya ketua tim ini pasti ada penyebab.
Artinya kemunduran yang bersangkutan ini bisa  di karnakan adanya koflik internal atau pun desakan dari sejumlah pihak lawannya.
Adalah dinamika politik masih kata Dia,mundurnya ketua Tim Pemenangan itu disebabkan oleh banyak indikator.
Pertama bisa jadi dikarenakan adanya konflik internal di dalam Tim Pemenangannya,Konflik itu lasim terjadi disebabkan adanya upaya 1 atau sebagian orang untuk menghancurkan tujuan bersama kelompok.
Dalam sebuah kelompok atau tim lazim adanya seseorang yang berusaha menonjolkan dirinya agar terlihat lebih diantara anggota angota lain. Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan penghargaan baik itu materil atau non materil (cari muka).


Selain itu, Munculnya agresifitas serangan psikis ini juga berpotensi menimbulkan pernyataan diluar kesepakatan kelompok, dan inilah yang menyebabkan konflik muncul ke permukaan atau menjadi santapan publik.


Selain itu juga akan muncul yang dinamakan overt questioning or challenging of other,  ini merupakan perdebatan-perdebatan di internal kelompok yang sangat emosional, karena di dalamnya bercampur unsur kemarahan, dendam,  saling klaim dan saling tantang antar satu dengan yang lainnya.


Terkait alasan ketua Chairilsyah yang mengaku mengundurkan diri karena kesibukannya sebagai pengacara. Menurut Yulion, itu bukan sebuah alasan jika memang dirinya sibuk kenapa tidak dari awal penunjukan sebagai ketua tim dirinya menolak? Kenapa justru ketika tim sudah berjalan beliau mengaku sibuk?


“Artinya kemunduran beliau ini bisa jadi dikarenakan adanya konflik internal,”tutupnya.


Sementara itu,Chairl Syah sempat membantah kalau pengunduran dirinya karena adanya konflik.“Itu tidak benar kalau ada konflik dan lainnya. Kalau mengundurkan diri dari Ketua pemenangan paslon ISO memang benar. Surat pengunduran diri sudah saya layangkan ke KPUD OKI dan lainnya pada Jumat,” ujar Caca, Minggu (4/3).

Caca beralasan mengundurkan diri karena kesibukannya di Jakarta. Selain menetap di Jakarta dan memiliki kantor pengacara di Jakarta. “Mana maulah saya tinggal berbulan-bulan di OKI. Soal pengganti saya, saya pun belum tau. Itukan tergantung paslon,” terangnya ( Sanfriawan)

Post a Comment