BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com -- Bupati Banyuasin Ir SA Supriono MM menghadiri pelantikan dan pengukuhan Pengurus DPW Perhimpunan Petani Kelapa Indonesia(Perpekindo) Sumsel periode 2018-2023 di Desa Karang Anyar Kecamatan Sumber Marga Telang Kabupaten Banyuasin, Rabu (28/3).


Pada kesempatan itu, oranng nomor satu di Bumi Sedulang Setudung ini berharap, Perpekindo kedepan dapat membantu petani kelapa dan Perpekindo ini  teroganisir, sehingga dapat  ikut ambil bagian dalam rangka mensejahterahkan petani kelapa khususnya di Banyuasin.



“Hendaknya Perpekindo dapat memberikan motivasi serta menyambung hubungan kerja petani kelapa dengan pemerintah, karena kita tahu Perpekindo baru dibentuk 2016 dan semoga Perpekindo  menjadi jembatan pemberdayaan petani kelapa,”harapnya.



Suami Hj Karwana ini berkeinginan agar di Banyuasin mempunyai sendiri dua Varitas Kelapa dan sampai sekarang masih diusulkan di Balit Parma di Mado termasuk namanya masih firundingkan.



“Nanti namanya kita setujui dulu, apakah namanya   Saripudin kito daktahu jugo,”kata Supriono bergurau seraya meneruskan, seperti Padang varitas Lubuk Pakam, namo daerah yang dio pake.



Ketua DPW Perpekindo Sumsel,  Saripudin Daeng Pabullang  mengatakan, kedepan Perkindo harus dilakukan pembinaan dan  pembenahan terhadap petani kelapa dengan cara menggunakan bibit yang bagus dan unggul.



“Buat apa tanam 10 ha akan tetapi bibitnya tidak unggul tentu hasilnya kurang memuaskan. Lebih baik tanam 2 ha akan tetapi bibitnya unggul dan hasilnya memuaskan,”ujarnya.



Usai pelantikan Perpekindo,  Supriono melakukan uji coba alat pengupas/mesin pengupas kelapa hasil karya anak Banyuasin.



Sementara itu sebelumnya  dilangsungkan juga pelantikan dan Pengukuhan DPD Pemuda LIRA (Lumbung Informasi Rakyat)  Kabupaten Banyuasin Periode 2018-2023. Hadir dalam acara ini  Ketua Umum Perpekindo Pusat Muhaimin Tallo, Kepada Dinas Perkebunan, Kepala Bappeda , Camat Sumber Marga Telang serta Tamu Undangan. (Adam).

Post a Comment