KAYUAGUNG, KabaRakyatsumsel.com-Sepanjang 1,3 Km   akses Jalan sepucuk yang rusak akan dilakukan pengerasan cor beton oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), April 2018 mendatang.
Kepala Dinas PU Tata Ruang OKI Ir H Hapis MM mengatakan, kerusakan jalan penghubung empat kecamatan yakni, Kecamatan Pedamaran, Mesuji Raya, Sungai Menang, dan Cengal. Akses Jalan yang salah satu urat nadi bagi masyarakat disana, sirinya optimis permasalahan tersebut segera teratasi, karena pengerjaan perbaikan segera dimulai.

"Saat ini sudah persiapan lelang, oleh karena itu masyarakat diharapkan bersabar semuanya akan segera diperbaiki dengan cepat," kata Hapis kepada wartawan terkait kerusakan jalan yang menjadi keluhan warga sebagian di pesisir pantai.

Masih kata Hapis, pengerjaan  akan dilakukan pada April 2018 ini, dan saat ini sudah masuk pada Bagian Layanan Pengadaan atau Unit Layanan Pengadaan (ULP).

Disebutkan Hapis, Jalan Kayuagung-Sepucuk sepanjang 38 Km menjadi salah satu prioritas Pemkab OKI, karena jalan ini menjadi akses utama bagi warga empat kecamatan yakni Sungai Menang, Pedamaran Timur, Cengal, Mesuji Raya menuju Ibu Kota Kabupaten di Kayuagung.
Berdasarkan data Dinas PU Tata Ruang Kabupaten OKI, jalan Kayuagung-Sepucuk telah tersambung dengan kontruksi cor beton sepanjang 36,178 Km atau mencapai 93 persen dari total panjang ruas jalan 38,7 km.  Tahun 2014 dibangun sepanjang 1,56 Km, Tahun 2015 sepanjang 5,687 km, 2016 sepanjang 12,265 dan 2017 sepanjang 11 Km.

“Memang sisa 1,3 Km itu yang belum tercover di tahun 2017. Tahun ini tuntas,” tutur Hapis, Kamis (15/3).

Hapis mengakui, akibat kondisi curah hujan yang tinggi dan efek pembangunan jalan tol, sejumlah ruas jalan yang ada di wilayah Kabupaten OKI memang mengalami kerusakan yang parah. Namun dipastikan, upaya perbaikan jalan rusak menjadi prioritas utama yang akan dilaksanakan tahun 2018 ini.

“Di Km 6 sekitar 1 Km, banyak kerusakan jalan akibat dilalui alat berat pembangunan tol Pematang Panggang-Kayuagung. Tanggung jawab perusahaan operator tol untuk perbaikannya itu sudah jadi komitmen mereka," ucap Hapis.

Ditambahkan Hapis, selain jalan Kayuagung-Sepucuk yang menjadi prioritas Pemkab OKI, antara lain ruas jalan Pampangan-Lebung Batang dengan aspal hot mix, Lebung Batang-Selapan dengan cor beton, ruas Sumbu Sari-Surya Adi dengan cor beton dan Tanjung Lubuk-Sri Tanjung dengan aspal hot mix.
“Semua jalan poros jadi prioritas namun kosentrasi tahun ini di empat ruas tersebut akan dikerjakan," ujarnya seraya secara bertahap jalan di OKI akan jauh lebih baik.
Kembali dijelaskan Hapis, mengapa dikerjakan secara bertahap, karena keterbatasan anggaran menjadi kendala untuk memperbaiki seluruh jalan yang mengalami kerusakan. Melainkan hanya sekitar 60 persen ruas jalan yang rusak.
''Saya berharap jalan-jalan yang berlubang, tetap akan diperbaiki dengan cara menutup lubang. Yang penting, kondisi jalan tidak membahayakan pengguna jalan,'' harap Hapis.

Terpisah Hamka Sandra (18) Warga Desa Talang Jaya Kecamatan Sungai Menang, sangat senang apabila benar-benar Akses Jalan Sepucuk segera diperbaiki, karena kerusakan jalan tak banyak. "Saya sebagai pengendara senang mendengarnya apabila benar jalan yang rusak segera di kerjakan," singkatnya mengakui jalan yang rusak di sepucuk tak banyak. (Sanfriawan)

Post a Comment