BANYUASIN, KBRS  -- Ribuan santri Ponpes Sabilul Hasanah Desa Purwosari Kecamatan Sembawa Banyuasin melaksanakan shalat gerhana bulan seusai shalat Isya' Berjama'ah di Dalam Masjid Ponpes Rabu (31/1) pukul 19. 30 WIB.

Shalat Gerhana bulan atau Khusyuf dilaksanakan dua rekaat, empat kali ruku' dilaksanakan oleh para santri serta warga masyarakat sekitar pesantren. Selaku Imam shalat Gerhana oleh M Ubaidillah Luad Adimsyiki (Gus Luad), serta selaku Khatib Nurkholis Al Hafidz.

Dalam khutbahnya, Nurkholis Alhafidz mengatakan, bahwa fenomena gerhana bulan yang saat ini adalah tak lebih dari ayat Allah atau tanda. Kita bersyukur mendapat kesempatan melewati momen-momen indah tersebut. Selain menikmati keindahan dan mengagumi gerhana bulan. "Cara bersyukur paling sejati adalah meresapi kehadiran Allah SWT diibalik peristiwa alam ini," katanya.

Kini Allah memperlihatkan kepada hamba - hamabanya tentang tanda-tanda (ayat) Allah disegenap ufuk dan pada diri mereka sendiri.."(Qs Fushshilat (53)

Di Surah yang sama mengatakan "Sebagian tanda-tanda kebesaran-Nya ialah malam,siang, matahari, dan bulan. Jangan kalian bersujud pada matahari dan jangan pula bulan, tetapi bersujudlah kalian kepada Allah yang menciptakan semua itu, jika kamu hanya menyembah-Nya," (QS 41:37).

"Semoga fenomena gerhana bulan kali ini meningkatkan kedekatan kita kepada Allah SWT, membesarkan hati kita untuk ikhlas menolong sesama, serta menjaga kita untuk selalu ramah terhadap alam sekitar kita," Ujar Ustd Nurkholis mengakhiri Khutbahnya 

Usai melaksanakan shalat gerhana, para santri kembali menyaksikan fenomena gerhana bulan didalam Ponpes dilakukan dengan tertib dan seksama.(Adam)
Attachments area

Post a Comment