BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com -- Polsek Betung kini telah mengamankan seorang laki - laki Ahmad Yani Alias Pendek Bin Samsudin (35) yang merupakan warga Dusun IV Desa Lumpatan II Kecamatan Sekayu Kabupaten Banyuasin.

Tersangka diamankan dalam perkara dengan pemberatan telah melakukan pencurian sarang burung waled usaha Betung seberat 3 on yang dilakukannya bersama dua orang rekannya yang saat ini belum tertangkap yaitu Hendri (25) dan Hery (27).

Kejadian tersebut terjadi pada, Senin (19/02) jam 02.00 WIB di Ruko milik korban Jadi Santoso Bin Suginen  (37) yang berada di Jalan Palembang - Betung Lingkungan I RT. 04 RW 01 Dusun Meranjat Kelurahan Rimba Asam Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin.

Kapolsek Betung AKP Zulfikar SH mengatakan bahwa Pelaku memanjat Ruko Waled milik Korban dengan menggunakan tali yang adà jangkarnya yang dikaitkan dengan stik setinggi 7 Meter kemudian disangkutkan ke ujung tembok bangunan kemudian pelaku masuk melaui lubang pintu keluar masuk burung waled,

"Saat pelaku berada di dalam gedung walet aksi pelaku dikatahui oleh korban, Kemudian korban melaporkan kejadian tersebut kepada anggota piket Polsek Betung. Setelah menerima laporan dari korban Anggota Polsek langsung mendatangi TKP dan dilakukan penangkapan," ujar Kapolsek.

Atas kejadian tersebut jelas dia, korban mengalami kerugian diperkirakan sebesar Rp. 3.000.000,- (tiga juta rupiah).

Kapolsek juga mengatakan bahwa ternyata tersangka merupakan Residivis yang merupakan kawanan spesialis pencuri sarang burung walet antar Provinsi yang sudah
2 kali melakukan pencurian di Prov insi Jambi, 1 kali tertangkap.

"Selanjutnya tersangka juga pernah melakukan pencurian sarang burung walet di Sungai Keruh Kabupaten Muba dan saat itu tiga rekannya tertangkap sementara, M. Yani Als Pendek DPO," kata Kapolsek.

Tidak hanya itu tersangka juga seorang DPO karena telah melakukan penganiayaan terhadap korbannya Arbidi Alias Gogok (35)
sesuai dengan pasal 351 (2) KUHPidana  yang terjadi di Desa Lubuk Karet Kecamatan Betung sesuai dengan laporan Polisi  dengan Nomor : LP/B- 03/I/2018/SUMSEL/BA/BTG,  Tgl. 13 Januari 2018

Tersangka juga terlibat Pencurian Sarang Burung Walet sekarang ini yang kini sudah tertangkap. Kasus imi masih dalam pengembangan di duga ada LP lain di Polres Banyuasin

"Kini barang bukti yang telah diamankan yaitu 1 buah tali Tambang kurang lebih 15m.(lima belas meter), 1 buah Tas Ransel warna Hitam merk Froston, 1 buah karung warna putih yg berisi kurang lebih 3 onc sarang burung waled, 1 buah korek api Gas yang ada senternya, 3 pasang baut beserta mur dan reng, seperangkat besi warna hitam yang ujungnya menggunakan Scrab Besi (alat panen waled) dan 1 masker warna coklat (untuk menutupi waja," ulasnya. (Adam).
Attachments area

Post a Comment