PRABUMULIH, KabaRakyatsumsel.com- Dini hari Selasa (20/2) sekitar pukul 02.00 WIB, kebakaran kembali terjadi. Kali ini, menimpa Pondok Pindang Cek Molek yang berada di samping Jalan Mentawai Kelurahan Gunung Ibul Barat (GIB), Kecamatan Prabumulih Timur.

Belum diketahui pasti, penyebab jago merah tersebut mengamuk dini hari tersebut. Sehingga, membuat Pondok Pindang Cek Molek hangus terbakar separo. Dan beruntung tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut dan hanya kerugian material saja.

Informasi dihimpun KabaRakyatsumsel.com, menyebutkan, kalau sebelum kebakaran terjadi ada bunyi ledakan. Belum diketahui pasti, ledakan tersebut berasal dari kompor atau konselting listrik.

Tak lama api membesar, unit Pemadam Kebakaran (PKB) menerjunkan petugas dan mobil blanwir (pemadam api) ke lokasi kejadian dan dibantu mobil pemadam kebakaran dari PT Pertamina EP Asset 2.

"Kata warga semalam, sebelum kebakaran. Ada suara ledakan dari Pondok Pindang Cek Molek, tetapi belum tahu ledakan tersebut dari kompor atau konselting listrik," ujar Kordinator Lapangan (Korlap) PBK kepada media,  Selasa (20/2/2018).

Tauhid mengatakan, kalau pihaknya butuh waktu sekitar satu jam dibantu masyarakat dan personel Yonzipur 2/SG dan petugas PBK dari PT Pertamina EP, untuk memadamkan api yang tengah membesar tersebut.

"Hanya bagian belakang Pondok Pindang Cek Molek yang hangus terbakar, kalau dari depan memang tidak kelihatan. Kebakaran tersebut, tidak ada korban jiwa dan hanya kerugian materi saja," ucapnya.

Sementara itu, Suratmo (55), warga sekitar menyebutkan, kalau kejadian tersebut berlangsung cepat. Dan, belum diketahui penyebabnya. Sekitar pukul 02.00 WIB, warga ramai memadati lokasi kejadian yang kebetulan memang berada di pinggir Jalan Sudirman tersebut.

"Dini hari semalem kejadiannyo, dak tahu-tahu api lah besak bae. Wong lah rame di Pondok Pindang Cek Molek ngeliat kebakaran di sano," terangnya.

Ungkapnya, tak lama kejadian dua mobil pemadam kebakaran datang. Dan, memadamkan api yang tengah membesar menghanguskan sebagian Pondok Pindang Cek Molek tersebut.

"Liat dewek dek, pondok itu lah separo tebakar di lalap api semalem," ucapnya.

Ketua RT 02 RW 01, Iwan menerangkan, kalau dirinya mendapatkan informasi dari warga asap sudah membumbung tinggi dan telah membesar.

"Di lokasi kejadian, warga sudah ramai memadati lokasi dan berupaya memadamkan api. Tak lama, memang PBK Pemkot dan PT Pertamina EP Asset 2 datang untuk memadamkan api," bebernya.

Sementara itu, Cik Nang Ismail (68), ayah Julian Fitriansyah pemilik Pondok Pindang Cek Molek menyebutkan, kalau ketika kejadian anaknya tengah ke Palembang.

"Pondok Pindang Cek Molek juga tengah kosong, karena pegawainya libur," bebernya.

Sambungnya, biasanya ada Pegawai yang menunggu dan menjaga pondok tersebut, dan kebenaran pas kejadian tengah kosong karena pulang mudik.

"Saya sendiri baru dapat kabar pagi ini, dan tidak menyangka kalau pondok kita hangus terbakar," pungkasnya.

Kabag Ops Polres Prabumulih, Kompol Zaian ZL ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Bahkan, ia begitu mendapat informasi langsung ke TKP.

"Kasusnya tengah kita selidiki, penyebabnya belum diketahui jelas," singkatnya.(hd)

Post a Comment