BANYUASIN, KabaRakyatsumsel.com -- Kecamatan Suak Tapeh telah mengelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan, di Pendopoan Kecamatan Suak Tapeh Kabupaten Banyuasin, Rabu (20 /02).

Hadir dalam acara tersebut Camat Suak Tapeh Haris Bahari S.STP
M.Si, Polsek Betung, Anggota DPRD Banyuasin Ilham Hadi S Hut, Kepala Bappeda Banyuasin Ir. H. Zulkifli Idrus M.TP, OPD Banyuasin, PU PR, Perkimtan, Dishub, Pertanian, UPTD Disdikporapar, UPTD Puskesmas, KUA Suak Tapeh, Para Kades dan Ketua BPD se Suak Tapeh.

Yang menjadi prioritas dalam Musrenbang Kecamatan tersebut adalah infrastruktur Jalan poros Lubuk Lancamg - Talang Ipuh, Jalan Poros Satrio Sedang, lanjutan normalisasi sungai bantung Desa Lubuk Lancang, Warning Lek sepanjang Jalan Lintas, Mobil Ambulance Puskesmas serta sarana dan prasarana pendidikan.

Camat Suak Tapeh Haris Bahari S.STP M.Si menyatakan Musrenbang Kecamatan yang setiap tahun selalu rutin dilaksanakan oleh pemda dalam rangka menjaring/mengakomodir kebutuhan, yang dianggap sangat prioritas oleh masyarakat dalam hal pembangunan baik fisik, ekonomi maupun sosial.

"Semestinya memang digunakan sebagai satu-satunya sumber didalam penetapan paket kegiatan pembangunan, sehingga Musrenbang tersebut menjadi wadah yang berhasil dan dirasakan manfaatnya oleh semua pemangku kepentingan," ucapnya.

Diharapkan ujar Haris, jangan sampai kegiatan ini hanya sebagai syarat formal dimana lain, yang diajukan lain pula yang ditetapkan dan dengan adanya Musrenbang ini. 

"Saya berharap usulan yang disampaikan seluruh kades melalui Musrenbang ini benar - benar menjadi proritas dan bisa direalisasikan," unhkap Haris.

Kepala Bappeda, Ir. H. Zulkifli Idrus M.TP berharap usulan ini adalah kebutuhan masyarakat. "Kami berharap usulan dari desa itu betul-betul kebutuhan dari masyarakat itu sendiri dan nantinya setiap instansi terkait akan mengkonfirmasi lagi mengenai pembiayaan dan sebagainya," ungkapnya.

Sementara itu Anggota DPRD Banyuasin Ilham Hadi S.Hut , menuturkan bahwa Legislatif sangat mendukung program Musrenbang, karena untuk menyerap aspirasi masyarakat yang sangat penting segera dibangun.

"Hal-hal yang dibahas ini akan kami bawa ke Musrenbang tingkat Kabupaten, harapan kita agar setiap desa paling tidak bisa mendapatkan satu program setiap tahunnya, artinya membantu program desa dan dana desa yang sudah ada," ucapnya.
Ilham Hadi juga menuturkan, dengan keterbatasan dana yang ada dipemerintahan daerah khususnya kabupaten, Banyuasin tidak mungkin semua terealisasi tapi minimal ada. "Semoga kedepan pemerintah bisa terjun langsung melihat apa saja yang menjadi usulan masyarakat," ungkapnya. (Adam)

Post a Comment