PALI, KabaRakyatsumsel.com-Kesukaan anak-anak untuk jajan terutama jajanan basreng, membuat orang tua harus hati-hati. Basreng adalah makanan berupa bakso goreng.Namun harus diperhatikan agar tak jajan sembarangan.

Adalah Putri Diana (4), anak dari Bari dan Pepi, yang harus jalanan operasi usus buntu karena sering konsumsi basreng.Ia diduga sering jajan sembarangan, ini mengeluh sakit pada perutnya dan dibawa orang tuanya ke RSUD Talang Ubi, Jumat (16/2)

Karena terbatas fasilitas, Putri dirujuk ke RSUD Bunda Prabumulih dan dioperasi.

"Dari pemeriksaan, dalam perut Putri terdapat basreng dan kami larang Putri untuk jajan basreng dan tak sembarangan jajan," lanjutnya lagi.

Mereka pun bersyukur cepat mengambil tindakan membawa ke rumah sakit.

Kepala Dinas Kesehatan PALI dr H Muzakkir saat diminta keterangan terkait hal ini mengatakan bahwa bukan bukan basreng saja yang bisa timbulkan usus buntu.
"Biji-bijian dan makanan keras dapat sebabkan usus buntu," ujarnya, Rabu (21/2)

Usus buntu di dalam tubuh manusia memiliki peranan untuk ikut dalam mengendalikan infeksi di dalam tubuh, karena jaringan usus buntu terdiri dari jaringan limfoid.
Letak usus buntu yaitu di antara usus halus dan usus besar, lebih tepatnya di sebalah kanan bawah perut,Ukuran usus buntu sebesar dan sepanjang jari telunjuk kita. Dimana sesuai dengan namanya, ujung usus ini membuntu sehingga dengan begitu sangat rentan akan penyakit atau masalah-masalah lainnya terutama bagi anak-anak. Dengan bagian pangkal yang kecil sangat mudah terjadi penyumbatan yang diakibatkan oleh berbagai hal.

Kadinkes juga menyarankan agar para orang tua Dalam Hal ini untuk lebih intens lagi dalam mengawasi anak-anaknya.

"Saya tidak melarang untuk jajan apa saja, namun kami sarankan teliti dan pilih makanan yang higienis, mudah dicerna. Dan kami juga menyarankan agar mengunyah makanan sebelum ditelan sebanyak 33 kali, agar makanan hancur, dan anjuran mengunyah makanan merupakan anjuran agama, agar makanan mudah ditelan dan dicerna," pungkasnya .
(Sendi).

Post a Comment