PALEMBANG, KBRS - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berencana bakal menaikkan insentif guru dan tenaga kependidikan honorer dari Rp500 ribu menjadi satu juta rupiah pada anggaran 2019 mendatang.

Hal ini diungkapkan Walikota Palembang Harnojoyo seusai melantik pengurus Forum GTK honorer non-kategori di aula SMKN 3 Palembang, Sabtu (20/1) siang. Selain pembangunan fisik dan mobiler sekolah pihaknya juga telah mengganggarkan insentif bagi guru honorer dan jumlah penerimanya lebih dari seribu orang.

“Mudah-mudahan tahun depan kalau anggarannya ada, nilainya bertambah paling tidak satu juta rupiah atau menyamai standar honor daerah di Palembang yakni Rp1,5 juta,” ulasnya. 

Senada, Ketua PGRI Palembang Hasanuddin mengatakan, pelantikan hari ini adalah tonggak sejarah bagi guru honorer dengan dibentuknya Forum GTK honorer non-kategori untuk memfasilitasi mereka untuk meraih kesejahteraannya.

“Ini merupakan wadah komunikasi dan aspirasi, ini juga anak lembaga dari PGRI yang dihadiri oleh 2316 orang. Dan ini semuanya guru honor non kategori,” paparnya.

Selain itu, pihaknya berharap agar apa yang dicita-citakan oleh Walikota Palembang tersebut dapat terealisasi pada tahun yangakan datang. Sebab ia menilai, dengan sejahteranya guru bakal menjadi salah satu pondasi peningkatan mutu pendidikan.

“Terbukti sekitar 1035 GTK honor sudah diberikan insentif. Dan kita harap angkanya bertambah tahun depan,” tukasnya. (Adam)

Post a Comment