PRABUMULIH, KBRS-Komisi Pemilihan Umum Kota Prabumulih, secara serentak pada Sabtu (201/) melakukan coklit (pencocokan dan penelitian) data penduduk pemilih pemilu potensial (DP4).

"Kita gelar Coklit DP4 ini serentak di Kota Prabumulih, mulai tanggal 20 Januari hingga 18 Februari 2018. Targetnya para PPDP( Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) melakukan coklit satu petugas lima rumah," terang Ketua KPUD Prabumulih M Tahyul Hamid melalui Sekretaris KPU Dinerson, saat dibincangi disela-sela coklit di Kecamatan Cambai.

Warga Cambai, lanjut Dinerson sangat terbuka dan menerima kedatangan para petugas PPDP KPU Prabumulih. "Kita ingin cocokan data yang diterima, bisa mengurangi atau menambahi. Artiannya jika ada pemilih meninggal dunia, akan kita ganti. Juga jika ada pemilih menjadi anggota TNI/Polri, kita ganti. Karena TNI/Polri netral," lanjutnya.

KPUD Prabumulih menerjukan 11 orang PPDP di Kecamatan Cambai Kota Prabumulih, diantaranya 6 orang PPDP, 1 orang PPL, 1 Orang PPK, 2 orang PPS dan satu orang Komisioner KPU Prabumulih.


Ditempat terpisah, dihari yang sama, anggota KPU Prabumulih,Era Hustri, Camat Prabumulih Timur, Fauzan, Lurah Gunung Ibul Sudirman, Lurah Sukajadi Sarutama SE, anggota Panwas dan ratusan petugas PPDP juga melakukan kegiatan coklit

Ketua Pemilihan Kecamatan (PPK)  Prabumulih Timur, Ramedin dalam pengarahan mengharapkan petugas melaksanakan tugas dengan benar dan cek kerumah rumah langsung demi mendapatkan data yang benar.

Senada, Komisioner Kpu provinsi Liza Lizuarni mengatakan Coklik ini serentak diadakan di seluruh wilayah Indonesia yang diadakan dari 18 -20 februari mendatang.

"Untuk memastikan faktualnya data pemilih,  Datangi langsung warga kerumah tanya kk,Ktp dan berapa orang yang sudah punya hak pilih.setiap Sepuluh hari akan dipindahkan laporan sejauh mana kemajuan nya ",ujar Liza,Sabtu (20/1/18).

Dikatakannya, Data pemilih selalu menjadi sumber masalah dipikada, untuk itu jangan sampai data yang kita punya tidak sinkron dengan yang ada dilapangan.

"Yang menjadi dasar sahnya data pemilih adalah KTP elektronik dan Surat Keterangan dari Dukcapil, selain itu tidak bisa diakui. Jangan sampai orang nya tidak ada dpt nya ada. Itu artinya nembak pucuk kudo. lakukan tugas dengan baik.dan selamat bertugas",tambah salah satu putri terbaik Prabumulih ini.

Selanjutnya Petugas Coklit langsung mendatangi kerumah warga. Untuk Prabumulih Timur Petugas Coklit dan rombongan mendatangi kediaman Ketua DPRD Prabumulih,H Ahmad Palo SE dijalan Kartini Kelurahan Sukajadi Prabumulih Timur.

Rombongan yang terdiri dari Komisioner KPU Provinsi Sumsel, Liza Lizuarni, Komisioner KPU Prabumulih Era Hustri, Ketua PPK Prabumulih Timur Rameden, Camat Prabumulih Timur Fauzan Akhmal, Lurah Sukajadi Sarutama, Ketua Rt 02/Rw 03 Sukajadi NaraSujana dan Panwas langsung disambut Ketua DPRD Prabumulih, H Ahmad Palo dan keluarga. Setelah dilakukan pengecekan dan pemasangan stiker tanda usainya dan validasi data. Petugas langsung bergerak menuju kediaman Wakil Ketua I DPRD, H Daud Rotasi  untuk melakukan Coklit validasi yang sama.

"Terimakasih atas kedatangannya, Semoga kerja KPU kian baik dan Tingkat partisipasi pemilih Prabumulih tinggi", harap polititisi yang juga ketua PPP Prabumulih ini.

Setelah itu,petugas coklit dan rombongan akan melanjutkan kekediaman Ketua Veteran, Kasmo, Ketua Baznas Prabumulih, Najamuddin Said dan Kediaman Azhar Azhari (Anang Kopi).

Diketahui, KPU Prabumulih mengadakan coklit serentak diprabumulih dan dibagi dalam beberapa tim. Untuk Tim I dipimpin Ketua KPU Prabumulih, M Takhyul untuk Wilayah Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT),Tim II Di pimpin Sekretaris KPU Prabumulih, Dinerson, SH. MH wilayah Cambai, Sirajuddin anggota KPU diwilayah Prabumulih Barat, Anggota KPU Wawan Irawan untuk Prabumulih Utara dan Anggota KPU Prabumulih, Titi Marlinda Pimpin diwilayah Prabumulih Selatan.

Sementara Terpisah, Lurah Gunung Ibu,Prabumulih Timur  Sudirman meminta agar petugas melakukan tugas dengan baik sesuai aturan dan laporkan setiap Sepuluh hari sekali.
"Wilayah Gunung Ibul mempunyai mata pilih paling banyak, yakni sekitar 6000 Kk dan 45 TPS,"pungkasnya.(bmg/adv)

Post a Comment