BANYUASIN, KBRS -- Bhabinkamtibmas Polsek Pangkalan Balai Bripka Febry Muryanto memiliki cara kreatif dan inovatif dalam membantu masyarakat di desa binaanya untuk mendapatkan bio gas.

Salah satunya cara yang dilakukan oleh Bripka Febry Muryanto dengan membuat bio gas hasil kreasinya sendiri yaitu pengembangan dan pemanfaatan kotoran sapi menjadi bio gas. Giat tersebut adalah pengembangan dari giat sebelumnya dimana mengembangkan dan memanfaatkan kotoran sapi menjadi gas untuk dipergunakan sehari - hari.

Giat Pioner tersebut bertempat di rumah Bapak Yanto RT 19 Kelurahan Kedondong Raye Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin. Kamis (25/01) pukul 09.30 WIB dan dihadiri Ipda Syamsul Bahri 
(Kanit Binmas Polsek Pkl Balai), Mujiono, S. Sos.(Seklur Kedondong
Raye) dan Bpk. Eman (Dinas Pertanian danPeternakan Kab Banyuasin) serta Warga sekitaran.

Adapun bahan yang dipergunakan adalah bahan bahan sisa sperti pipa paralon, elbow atau sambungan pipa sedangakan bahan seperti plastik Lem pipa dan katup itu bisa didapatkan dengan harga terjangkau.

Giat dimulai dengan penjelasan dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kab Banyuasin Bpk Eman dan selanjutnya diawali dengan pengecekan lahan, kemudian dilanjutkan dengan perakitan pipa paralon yang disambungkan ke tempat penampungan yang dilapisi plastik.

"Kemudian ruang tersebut diisi kotoran sapi yang dicampur dengan air dan di fragmentasi selama 20 hari, sehingga akan menghasilkan gas, untuk kemudian bisa dimanfaatkan," ujar Kapolsek Pangkalan Balai Iptu M. Bayu Agustian S.IK. (Adam)

Post a Comment