BANYUASIN, KBRS -- Penyalahgunaaan narkoba (narkotika dan zat addiktif) tidak hanya dapat merugikan kesehatan tetapi juga mental. Orang yang sudah kecanduan narkoba tidak dapat berpikir atau berbuat apa-apa selain dari mengkonsumsi  barang haram tersebut.

Terkait dengan hal tersebut, Bhabinkamtibmas Polsek Pulau Rimau Aipda M. Burman mengarahkan anak - anak di RT.04 Dusun II Desa Teluk Betung untuk menjauhi narkoba.dan menjaga lingkungan dari serangan narkotika.dan dapat melaporkan apa bila tau keberadaan pemakai narkoba kepada bhabinkamtibmas dan atau ke Polsek setempat.

Kapolsek Pulau Rimau AKP Jiman Pasaribu SH mengatakan bahwa tujuan dari giat tersebut mengingat penyalahgunaan narkoba seperti ganja, heroin, sabu-sabu, dan sebagainya di kalangan remaja seringkali berawal dari coba-coba dan hal ini takutnya nanti berimbas ke anak - anak yang masih polos. 

Namun bila sudah kecanduan jelas Kapolsek, akan sangat sulit untuk mengobati kecanduan tersebut. Oleh karena itu anak - anak sebagai generasi muda harapan bangsa harus dapat menjauhkan diri dari narkoba.

"Selektif dalam Pergaulan
Bergaullah dengan teman-teman yang memiliki perilaku positif.Jika mereka banyak bergaul dengan teman-teman yang memiliki perilaku positif maka mereka akan mudah terbawa untuk berfikir dan bersikap positif pula. Sebaliknya, jika mereka bergaul dengan teman-teman yang berperilaku negatif maka mereka akan mudah terbawa untuk berpikir dan berperilaku negatif," ujar Kapolsek.

Dalam arahannya Bhabinkamtibmas Aipda M.Burman juga menghimbau kepada anak - anak agar mengindari keluyuran malam karena menghindari keluyuran malam adalah salah satu cara untuk menjauhi narkoba. 

"Remaja yang terbiasa keluyuran malam sangat mudah tergoda untuk melakukan kebiasaan buruk karena mereka merasa memiliki waktu bebas tanpa ada yang mengawasi. Hal ini menyebabkan mereka berani mencoba hal-hal ekstrim seperti minum alkohol, berjudi, menggunakan narkoba, dan lain sebagainya," imbuhnya. (Adam)

Post a Comment