BANYUASIN, KBRS -- Tim SIBA  & Opsnal Polsek Pangkalanbalai akhirnya berhasil dalam Ungkap Kasus tindak pidana penipuan yang dilakukan oleh 4 oramg tersangka sebagaimana dimaksud dalam pasal 378 KUHP.

Keempat tersangka tersebut adalah Nedi Jonson (31) yang merupakan warga dusun A RT.02 RW. 04 Desa Karta Mulya Kecamatan Madang Suku 1 Kabupaten OKU,  Rudi Hartono (47) dan Jul Padli (41) serta Jum Ramadhan (28) yang merupakan warga Gria Kencana Asri Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin, 
 
Sementara korban adalah Gunadi Bin Dahlan (32) yang merupakan warga Dusun III RT. 08 Desa Lubuk Saung Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin.

Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Surya Markus Pinem S.IK melalui Kasubag Humas AKP Ery Yusdi mengatakan, kejadian penipuan tersebut bermula pada Senin  (18/12) sekira pukul 10.30 WIB, di jalan Palembang Pangkalan Balai RT.03 RW.01 No.08 Ds Lalang Sembawa Kec.Sembawa Kab.Banyuasin. Telah terjadi Tindak Pidana Penipuan 1 (satu) unit Mobil Xenia tahun 2014 No.Pol BG 1448 ZT warna putih metalik Noka.MHKVIBA2JEJ020504. Nosin. ME047D3.

Kejadian ini yang di lakukan oleh terlapor .Edi Jonson Als.Santak terhadap pelapor An.Fakhturopik setelah bersepakat untuk melakukan transaksi pembelian 1 unit R4 jenis Xenia dari tangan terlapor, pelapor mengecek surat-surat kendaraan yang akan di beli oleh pelapor, setelah di cek STNK dan BPKB kendaraan tersebut juga di cek No Rangka Serta Nosin nya memang sama dengan yang tertera pada BPKB yang diberikan oleh pelapor.

"Kemudian pelapor melakukan pembayaran tunai dilengkapi dengan nota pembayaran yang ditanda tangani oleh pelapor, setelah selesai transaksi pelapor hendak membayar pajak kendaraan yang telah dibelinya tersebut, akan tetapi pd saat dicek ke Samsat Muba ternyata dokumen yang telah diberikan oleh terlapor tersebut adalah dokumen palsu," ujar Ery.

Akibat kejadian tersebut jelas Ery, korban menggalami kerugian sebesar Rp. 81.000.000,- dan melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Pangkalan Balai. Setelah menerima laporan dari korban, pada Selasa (19/12) sekira pukul 16.00 WIB, Tim Siba melakukan backup terhadap Polsek Pangkalan Balai untuk melakukan penangkapan terhadap ke 4 tersangka kasus 378 KUHP yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Pangkalan Balai Iptu M. Bayu Agustian S.IK.

"Setelah mendengar adanya informasi bahwa ke 4 tersangka tersebut ada di wilayah Rantau Bayur dan sedang menyeberang sungai, Tim  Siba segera bergerak dan melakukan penangkapan terhadap ke 4 tersangka. Selanjutnya tersangka diamankan di Polsek Pangkalan Balai untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," imbuhnya.

Lebih lanjut, dikatakan Ery, saat ini selain memgamankan ke 4 tersangka juga diamankan barang bukti berupa 1lembar STNKB mobil Xenia tahun 2014 Nopol BG 1448 ZT warna putih metalik, Noka dengan Nosin MMHKVIBA2JEJ020504E047D3 An. Purwadi,1 buah BPKB Mobil Xenia tahun 2014 Nopol BG 1448 ZT warna putih metalik, Nosin MMHKVIBA2JEJ020504E047D3 An. Purwadi dan 1 lembar kwitansi/Nota pembayaran 

"Saat ini pada ke-4 pelaku yang telah di amankan, masih di lakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh Sat Reskrim Polsek Pangkalanbalai," tandasnya.(Adam)

Post a Comment