BANYUASIN, KBRS -- Sebanyak Enam Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang diduga maen mata dengan salah satu tim sukses Balon Bupati Banyuasin, Jumat (01/ 12) pukul 09.00 WIB akan menjalani pemeriksaan oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Banyuasin, guna mengklarifikasi temuan tersebut.
Ke 6 Ketua dan anggota PPK yang di panggil tersebut, PPK Rambutan, PPK Betung, PPK Sumber Marga Telang, PPK Rantau Bayur, PPK Tanjung Lago dan PPK Talang Kelapa. Pemanggilan 6 PPK ini sesuai dengan surat Bawaslu nomor 053/Bawaslu-Prov.SS/PM.05.02/XI/2017.

Namun hasil dari pemeriksaan  terhadap 6 anggota PPK tersebut sampai saat ini Panwaslu Kabupaten Banyuasin belum mengumumkan sampai sejauh mana kebenaran temuan itu.
Terkait dengan hal itu, Syamsuri salah satu tokoh masyarakat  Banyuasin angkat bicara dan mendesak Panwaslu Kabupaten Banyuasin agar mengusut tuntas kebenaran isu tersebut.

Menurut mantan DPRD Banyuasin ini jika itu memang benar tindakan yang dilakukan oleh oknum timses  Balon Bupati banyuasin tersebut  jelas tidak wajar dan harus di gugurkan karena ini sudah merusak demokrasi.

"Panwaslu harus berdiri diatas aturan, kalau awalnya saja sudah seperti ini dan dibiarkan saja, saya yakin pilkada 2018 tidak akan berjalan mulus dan dapat di pastikan akan banyak kecurangan-kecurangan yang akan terjadi. Panwaslu harus pikirkan itu" ujarnya kepada wartawan. Jum'at (01/12).

Lebih lanjut dikatakan dia, terkait dengan masalah tersebut, panwaslu harus segerah keluarkan pengumuman biar masyarakat tahu hasil dari pemeriksaan yang ia lakukan." Kalau terbukti melanggar kode etik jangan hanya memecat PPK nya saja balon yang bersangkutan juga harus di tidak tegas" kata pria yang pernah menjadi calon Bupati Banyuasin pada tahun 2013.

Masih katanya, masalah ini masyarakat banyuasin butuh kejelasan dan keterbukaan siapa saja timses salah satu balon bupati yang mau berbuat curang , publick harus tahu." salah dan benar panwaslu harus keluarkan pernyataan" tuturnya.

Oleh karena itu lanjut Sayamsuri, Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Banyuasin agar turut serta mengawal dan mengawasi jalanya pilkada serentak 2018 mendatang. " Masyarakat harus aktif dan berfungsi sebagai sosial control, kita tidak mau persoalan seperti pilkada yang sudah-sudah terulang lagi." pungkasnya.(Adam)

Post a Comment