PALI, KBRS– Guna meningkatkan perekonomian rakyat, khususnya dibidang perkebunan PT Pertamina Ep Pendopo Field bekerja sama dengan yayasan Al Musyarofah, melakukan uji coba program mina padi, uji coba ini bertempat di Gazebo Pusat Pemberdayaan Masyarakat Pertamina (PPMP), kecamatan Talang Ubi, kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali). Kamis (14/12)

Pendopo Field Manager Heri Aminanto, mengatakan bahwa kegiatan ini guna meningkatkan perekonomian rakyat, program ini melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Bukan hanya Yayasan Al Musyarofah saja, akan tetapi kelompok tani pun diikuti serta kan.

“Untuk pusat uji coba langsung di PPMP, sebagai sentral pembelajaran perikanan dan pertanian, dengan adanya kegiatan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan sebagai solusi alternatif bagi masyarakat, dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, atau bahkan hingga menjadi industri, yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, ” ujarnya.

Sementara itu Wakil Bupati Pali, Ferdian Andreas Lacony.Skom MM, Pemda PALI sangat mendukung kegiatan PPMP tersebut dan berharap PPMP dapat menjadi wahana bagi masyarakat untuk belajar sekaligus mendapat pendampingan tentang bagaimana cara bercocok tanam dan berternak (ikan).

“PPMP adalah bentuk keseriusan Pertamina dalam melaksanakan Program Pemberdayaan Masyarakat di Kabupaten PALI dan memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadikan PALI daerah penghasil pertanian, perkebunan dan perikanan, ” ucapnya.
Secara simbolis Pendopo Field Manager, Tim Manajemen, Wakil Bupati dan Perwakilan Yayasan Al Musyarofah melakukan penanaman bibit Kurma, Kelengkeng, bayam dan penebaran bibit ikan nila. Proses Pendampingan itu sendiri akan dibantu oleh Yayasan Al Musyarofah dengan beberapa program kerja seperti sayuran organik, beternak ikan, program ternak kambing untuk marbot dan lain sebagainya yang akan dilakukan secara berkesinambungan.
“kami siap melakukan pendampingan (PPMP) tersebut dan menjadikan tempat ini sebagai sentral pertanian  peternakan, apabila program ini berhasil, serta benar-benar dijalankan, mudah-mudahan ekonomi kerakyatan di kabupaten pali meningkat, rakyat tidak perlu membeli keperluan, tinggal mengambil kebunnya sendiri, ” lanjut nya
(Sendi).

Post a Comment