Palembang-- Ribuan umat Muslim banjiri halaman Mapolda Sumsel yang datang dari berbagai kalangan untuk menghadiri Dzikir dan Tabligh Akbar dalam rangka peringatan Maulid Nabi besar Muhammad SAW, Senin (11/12).

Dzikir kali ini mengambil tema " Dengan meneladani akhlak dan kepemimpinan Nabi besar Muhammad SAW, kita wujudkan insan Polri yang humanis dan religi."

Meski diguyur hujan lebat, nampak antusias masyarakat, TNI, Polri, pejabat Pemkot Palembang dan Pemprov Sumsel mendengarkan ceramah yang disampaikan oleh penceramah kondang asal ibukota, Ustadz Ahmad Al Habsy.
Tidak hanya mendengarkan ceramah saja, ribuan ummat akan mendengarkan lantunan syair nan merdu dari group musik " DEBU " yang akan menambah khusyuknya jalannya Dzikir dan Tabligh Akbar kali ini.
Disela -- sela acara berlangsung Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Zulkarnain mengingatkan ummat untuk meneladani sifat Nabi Muhammad SAW diantaranya Fathonah, Amanah, Shiddiq dan Tabliqh.
Kapolda Sumsel juga menyampaikan, seorang muslim harus beriman pada Nabi dan Rasul Allah SWT, Nabi Muhammad menjadi suri tauladan bagi umat Islam.
"Ada empat  sifat Nabi Muhammad SAW yang patut ditauladani, yaitu pertama, Sifat Shiddiq yaitu dimana segala perkataannya  jujur dan perbuatannya selalu benar, kedua Amanah berarti orang yang bisa dipercaya,ketiga Tabliqh berarti menyampaikan, dalam pengertian sifat wajib nabi ini, Rasulullah memiliki sifat tabligh yang berarti nabi selalu menyampaikan wahyu dari Allah, dan keempat Fathonah berarti cerdas, nabi mempunyai sifat fathonah merupakan seorang pintar, cerdas dan intelektual," ucap Kapolda.
Oleh karena itu lanjut Kapolda, dengan digelarnya peringatan Maulid Nabi yang merupakan Peringatan Hari besar Islam seperti ini juga sebagai ajang pembinaan bagi personil jajaran Polda Sumsel maupun Polres Jajaran dalam menunjang tugas-tugasnya dilapangan.

Pada kesempatan itu, Kapolda mengajak para hadirin yang hadir untuk meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW, salah satunya dengan menjaga kerukunan antar warga di wilayah Provinsi Sumsel ini.
Kapolda mengatakan, saat ini banyak sekali kelompok yang mengatasnamakan agama Islam, namun tidak sesuai dengan ajaran Al-Qur'an dan Hadis, yang meyulut kebencian dan kekerasan. "Islam tidak pernah mengajarkan kita untuk berbuat seperti itu," ungkapnya.
Sementara itu Ustadz Akhmad  Al- Habsy dalam tausyiahnya mengatakan, bahwa, saat ini kita merasakan telah hilangnya nilai-nilai ketauladanan, hati-hati yang resah, jauh dari agama serta semakin banyaknya perbuatan-perbuatan yang bertentangan dengan norma-norma Agama.

Untuk itu kata dia, agar terhindar dari hal-hal tersebut Ustadz Akhmad Al - Absy , mengajak kepada semua umat muslim dalam kehidupan sehari-hari untuk selalu berkaca pada sunah Rasul yaitu dengan memperbanyak silahturahim.
"Allah telah menjanjikan kepada umat muslim yang memperbanyak silahturahim yaitu yang pertama akan memperbanyak rezekinya, yang kedua Allah mencintainya dan yang ke tiga Allah akan memperpanjang umurnya," katanya.
Lebih lanjut Ustadz Akhmad Al - Habsy mengatakan, sudah menjadi kewajiban dan tugas kita bersama sebagai umat muslim untuk saling ingat mengingatkan agar kita menjadi  umat yang mandiri dan percaya diri serta bangga menjadi hamba Allah SWT dan bangga pada diri kita sendiri.

"Nabi Muhammad SAW  mampu menghadapi segala tantangan dan cobaan didalam menyebarkan siar Islam dari hadangan orang-orang kafir salah satunya adalah karena Nabi kita mempunyai keyakinan dan keimanan kepada Allah SWT serta memiliki sifat jujur, amanat, trasparan dan cerdas," tandasnya. (Adam)

Post a Comment