PRABUMULIH, KBRS – Dua dari enam tersangka yang mencuri kabel tembaga milik PT Pertamina EP Asset 2 Prabumulih berhasil diringkus tim khusus (timsus) dan security PT Pertamina EP. Kedua pelaku yakni Mat Roma (41) bersama Mat Lani (27) warga Kelurahan Karang Jaya Prabumulih Timur Kota Prabumulih.

Kedua pelaku diringkus di power plant Talang Jimar, Kelurahan Muara Dua, Kota Prabumulih, Senin (18/12/2017) pukul 16.00 WIB.

Asisten Manager security PT Pertamian EP Asset 2, Mukseno mengatakan, penangkapan kedua pelaku sebelumnya sudah dilakukan pengintaian oleh timsus dan security PT Pertamina EP Asset 2. “Sudah 2 minggu kami melakukan pengintaian terhadap para pelaku pencuri kabel tembaga milik Pertamina,” ungkapnya.

Menurutnya, para pelaku tercatat ada enam orang. Dalam melakukan aksinya, para pelaku sengaja berpencar. Ada yang khusus melakukan pemotongan, ada yang menjaga jalan dan ada bagian eksekusi. Masing-masing para pelaku punya peran sendiri-sendiri. Bahkan dalam beraksi para pelaku sengaja membawa senjata tajam.

“Dua pelaku yang berhasil kita ringkus. Sedangkan pelaku lain berhasil melarikan diri,” pungkasnya.

Dikatakan dia, dari pengakuan para pelaku, aksi pencurian telah dua kali dilakukan. “Hasil curian di jual ke DD di Kelurahan Muara Dua. Soal pengembangannya nanti mungkin pihak Kepolisian yang lebih tahu. Karena setelah ini kedua pelaku dan barang bukti akan diserahkan ke Polres Prabumulih untuk pengembangan lebih lanjut” tuturnya.

Ia mengakui dengan dilakukan pencurian kabel tembaga untuk generator pembangkit listrik produksi minyak milik Pertamina terganggu.

“Jadi kalau terus mengalami gangguan, kegiatan eksplorasi tidak bisa maksimal. Mudah-mudahan dengan teetangkapnya para pelaku, kegiatan tambang dilapangan dapat kembali normal” ujar Mukseno.

Sementara kedua pelaku mengakui perbuatannya itu. “Kami baru dua kai melakukan pencurian itu. Yang pertama kai gagal,” ungkap Mat Roma. (Nor)

Post a Comment