PALI,KBRS-Kurangnya tingkat kesadaran warga PALI untuk mengurus Izin Mendirikan Bangunan sangat disayangkan. Padahal dengan adanya IMB ini, selain membantu warga juga dapat menambah pemasukan asli daerah dari retribusi daerah.
Hal ini dikatakan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu PALI Agus Darmawijaya, Kamis (21/12).

"Bagi masyarakat yang ada di Bumi Serepat Serasan ini,  setiap mendirikan bangunan atau yang sudah berdiri harus dan diwajibkan mengurus IMB. Karena, selain menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) ini buat kepentingan mereka itu sendiri. Apalagi Kabupaten PALI masih baru,katakanlah Daerah otonomi baru(DOB),  untuk itu dalam mempercepat ketertinggalan kita. Mari bersama - sama , mengejar Serta  membangun Kabupaten PALI dari Retribusi IMB ", ajaknya.
Masih Agus, untuk tahun 2015 sampai 2016 PAD IMB selalu oper target, dari PAD yang dibebankan pemerintah kepada Dinas PMPTSP sebesar 1 Miliar. Namun, untuk tahun 2017 sampai bulan November sebesar Rp.950.000.000 ( Sembilan Ratus Lima Puluh Juta ), dan insyaallah pada akhir tahun bisa mencapai target.
Kenapa adanya penurunan PAD. Lanjut Agus, " sebelumnya PAD kita selalu meningkat, bahkan sebelum mencapai akhir tahun PAD kita selalu oper target, Namun, setelah adanya penghapusan Retribusi dari Izin HO sejak bulan Agustus tahun 2017 lalu, makanya sekarang PAD kita belum sampai ke target,Akan Tetapi setelah pembukuan Selesai insyaalah Bisa Mengejar target,Walaupun tidak Full Kami akan terus Berusaha Dan Kerja keras.
Jelas Agus.
" Berdasarkan Peraturan Daerah ( Perda ) Izin yang dikenakan Retribusi ada Empat, yakni, IMB, Izin Jual Alkohol, Perikanan dan Trayek. Untuk sekarang hanya IMB saja yang ada Retribusinya, mengingat Kabupaten PALI masih baru, dan selain IMB, kecil kemungkinan izin lain untuk memberikan Retribusi. Maka dari itu, kami selaku Dinas PMPTSP berharap masyarakat Kabupaten PALI untuk segera mengurus IMB. Mengingat, hal ini untuk mempercepat dan mewujudkan Pembangunan Yang ada Dibumi Serepat serasan,menuju PALi Cemerlang,Sumsel Gemilang.
(Sendi)

Post a Comment