BANYUASIN,KBRS - -Pemkab Banyuasin bersama Forum Koodinasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA), OPD/Instansi dan Seluruh Camat Seluruh Banyuasin membahas dalam rangka persiapan Pemilukada secara serentak 2018 khususnya di Kabupaten Banyausin. Rakor FORKOPIMDA tersebut digelar di Auditorium Pemkab Banyuasin, Senin (11/12).
Acara yang bertemakan “Kita Tingkatkan Pengawasan dan Pembinaan dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemilukada serentak 2018 di Kabupaten Banyuasin” dihadiri Bupati Banyuasin Ir Sa Supriono, Sekda Ir Firmansyah, Waka Polres Kompol Tommy Bambang Souissa, Sik, Kejari Banyuasin LA Kamis, Kodim 0401 Muba/Banyuasin, Pimpinan OPD, Ketua KPU Dahri dan Ketua Panwaslu Banyuasin Iswadi.

Selaku moderator Plt Asisten 1 Dr Senen Har dalam kegiatan tersebut mengatakan, pertemuan kali ini terkait konslidasi persiapan melaksanakan Pemilukada serentak 2018 di Kabupaten Banyuasin guna melancarkan Pesta Demokrasi yang berlangsung nanti. “Kali ini seluruh Camat diminta menanyakan persiapan Pemilukada serentak diwilayah masing-masing,”katanya singkat.

Bupati Banyuasin Ir SA Supriono dalam arahannya menyampaikan, jika Pemilukada merupakan pendidikan politik bagi masyarakat Kabupaten Banyausin. Sehingga pihaknya meminta instansi terkait memantau kondisi politik yang diperlukan, menjelang dan paslon Pemilukada Pemkab Banyuasin.

“Kami telah memfasilitasi penyelenggara dan mengeluarkan anggaran pengadaan logistik maupun pendistribusian. Begitu juga dukungan kegiatan yang melekat pada OPD terkait serta bantuan tidak langsung sudah dialokasikan,”katanya.

Bupati juga mengintruksikan kepada ASN dilingkungan Pemkab Banyuasin untuk menjaga netralitas, dalam menghadapi Pemilukada serentak 2018 nanti. Dirinya minta situasi menjelang dan sesudah Pilkada tersebut aman dan kondusif. “Untuk itu diminta kepada Kesbang Pol membuat edaran berkaitan hal tersebut, agar Pemilukada terselenggara dengan baik,”pintanya.

Menurut Supriono, panggung politik sudah dibuka sedemikian rupa, dan semua penonton diharapkan berperan agar Pemilukada yang dilaksanakan KPU dan Panswslu Banyuasin menghasilkan Bupati terpilih adalah pemimpin yang terbaik.
“Saya mengimbau kepada OPD dan Camat di Banyuasin jangan terparuh dengan medsos, terpenting kita kerja sesuai dengan tupoksi masing-masing dalam garis yang sudah ditentukan. Sekali lagi saya tekankan ASN tetap netralitas pada Pemilukada serentak 2018,”tuturnya.
Dilanjutkan Kapolres Banyuasin AKBP Yudhi Surya Markus Pinem, Sik diwakili Waka Polres Kompol Tommy Bambang Souissa, Sik, semua steakholder di Banyuasin diajak menyatukan langkah untuk menyukseskan Pemilukada serentak yang aman, damai dan kondusif.
“Kami telah memetakan persiapan pengamanan Pemilukada serentak tahapan dan demi tahapan yang akan diselenggarakan KPUD Banyuasin.  Ada 2 Kecamatan yang merupakan zona merah yakni Kecamatan Rantau Bayur dan Talang Kelapa, karena karakter masyarakatnya sangat keras,’’ ujarnya.
Untuk itu, dia minta kepada kedua Polsek diwilayah hukumnya agar memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang Linmas dan lain-lainnya supaya Pemilukada serentak nanti berlangsung sukses. (Adam)

Post a Comment