BANYUASIN, KBRS -- Bergulirnya bantuan dana desa (DD) saat ini dimanfaatkan Pemerintah Desa Tanjung Laut, Kecamatan Suak Tapeh, untuk membangun berbagai fasilitas seperti pembangunan gedung olah raga (Gor).

Dalam pemanfaatannya bantuan dana desa diharapkan bisa lebih dioptimalkan untuk membangun berbagai fasilitas  yang bisa mendongkrak kesejahteraan warga desa, dengan didukung perbaikan fasilitas yang ada.

Seperti yang dilakukan pemerintah Desa Tanjung Laut, Kecamatan Suak Tapeh, saat ini pihak desa tengah membangun gedung olah raga yang nantinya bisa digunakan untuk berbagai kegiatan warga, seperti kegiatan olahraga, rapat, serta berbagai kegiatan perayaan hari besar keagamaan serta acara seremonial lainnya.

Seluruh kegiatan pembangunan tersebut dikerjakan pihak lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) secara swakelola yang dibantu beberapa unsur masyarakat, sedangkan pihak pemerintahan desa hanya selaku penanggung jawab sekaligus sebagai pengawas pembangunan. Dengan dilaksanakannya pembangunan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan Indek Pembangunan Manusia (IPM).

Kepala Desa Tanjung Laut Samsul Bahri, mengatakan, pembangunan fasilitas seperti pembangunan gedung olah raga yang saat ini masih dikerjakan pihak LPM yang dimana pembangunan ini didanai dari dana desa yang sebelumnya sudah disepakati bersama, antara pemerintahan desa dengan masyarakat setempat.
"Pembangunan gedung dengan ukuran panjang 17 meter, lebar 12 meter, dan tinggi 8 meter, diharapkan bisa digunakan sebagai gedung serbaguna untuk berbagai kegiatan warga, mulai dari kegiatan olahraga, rapat, serta kegiatan perayaan hari besar keagamaan serta acara seremonial warga," ucapnya pada kabarakyatsumsel.com. Rabu (15/11).
Samsul juga mengatakan, awal pemugaran gedung olah raga ini dilangsungkan sejak bulan November dan selesai dibangun direncanakan pada Desember 2017. Sementara untuk material yang dipakai menggunakan material yang berkualitas sesuai dengan perencanaan sebelumnya.
Sulba menambahkan, dana bantuan yang digulirkan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, maupun pemerintah kabupaten, semuanya sudah diterapkan untuk membangun berbagai fasilitas umum. Kedepannya pihak desa masih akan melakukan pembangunan maupun perbaikan berbagai fasilitas umum lainnya.
"Semoga saja pada anggaran lainnya semua perbaikan maupun pembuatan fasilitas umum bisa diselesaikan dengan baik dan cepat," ungkapnya. (Adam).

Post a Comment