OGAN ILIR, KBRS- Sekda kabupaten Ogan Ilir H.Herman mewakili bupati OI H.Ilyas Panji Alam, membuka acara Road show, di pendopoan kantor terpadu Tanjung Senai, Senin (27/11 2017).

Bertrimaksih pada pememerintah RI dalam hal ini Menteri kesehatan RI yang telah mempercayai kabupaten OI sebagai tuan rumah pada acara Road Show dalam rangka memperingati hari AIDS sedunia yang akan di selenggarakan di Palembang. kata Sekda Herman saat memberikan sambutan pembukaan acara Road Show.

Sementara Kepala dinas kesehatan OI. H. Siska Susanti, "hari ini dikabupaten Ogan Ilir (OI) secara serentak di empat titik mengadakan Road Show virus HIV Aids, di Lembaga penjamin mutu pendidikan (LPMP) Aula Unsri, panti sosial bina remaja ( PSBR) dan di Aula Pendopaan Kantor Terpadu Tanjung Senai." 

"masyarakat hendaknya jangan takut memeriksakan dirinya untuk tes HIV, karena dengan sedini mungkin gejala HIV di ketahui,  maka semakin baik pula cara mengobatinya," kata Romauli Skm, M.E Pid sebagai pembicara road show hari aids sedunia dihadapan saratus peserta.

Romauli meneruskan Hiv virus yg meyerang sel darah putih di dalam tubuh (linfosit)yang mengakibatkan turunnya sistem kekebalan pada tubuh manusia,sedangkan Aids sekumpulan gejala penyakit yang timbul karena menurunnya sistem kekebalan tubuh aids, oleh infeksi HIV", jelasnya

HIV Bukanlah penyakit yang mudah menular untuk itu masyarakat janganglah mengucilkan atau mendriskriminasi penggidap nya menurutnya "cara penularannya sangatlah terbatas diantaranya hubungan sex sual, berbagi jarum suntik, produk darah dan organ tubuh, dan ibu bayi yang fositif HIV ke bayinya",jelasnya. (her)

Post a Comment