BANYUASIN.KBRS -Untuk menindak pelanggaran lalu lintas baik roda empat maupun roda dua diwilayah hukum Kabupaten Banyuasin, Polres Banyuasin akan mengelar razia gabungan atau yang dinamakan Operasi Zebra Musi 2017 selama 14 hari kedepan.

Kegiatan itu dimulai dengan apel gelaran Pasukan Operasi Zebra Musi 2017 yang dipimpin Waka Polres Banyuasin Kompol Tommy Bambang Souissa, Sik, dihalaman Polres Banyuasin, Rabu (31/10). Hadir Kadishub Banyuasin Supriadi, SE, Mstr, Kasat Lantas AKP Hegi Renanta dan diikuti puluhan personil Satuan Lantas Polres Banyuasin, Dishub Banyuasin, TNI dan Sat Pol PP Banyuasin.

Kompol Tommy Bambang Souissa, Sik dalam sambutannya menyampaikan apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk memastikan kesiapan personil maupun sarana pendukung lainnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan dengan optimal dan berhasil sesuai dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan.

"Dengan diadakan Operasi Zebra Musi 2017 ini, disini personil gabungan akan memberikan tindakan terhadap kendaraan roda empat dan roda dua yang melanggar lalu lintas. Tindakan berupa sanksi teguran hingga surat tilang bagi yang tak lengkap surat kendaraan,"ucap dia.

Lanjut dia, upaya ini dilakukan guna untuk menciptakan situasi Kamseltibcar Lantas dengan memberdayakan seluruh Stakeholder, supaya dapat menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas. Oleh karena itu diperlukan koordinasi bersama antar instansi pemerintah yang bertanggungjawab dalam membina dan memelihara Kamseltibcar Lantas.

"Dengan operasi zebra tahun 2017 ini diharapkan dapat mendorong tercapainya tujuan operasi yaitu meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dijalan raya, menimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dan menurunya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas,"harapnya.

Seperti diketahui pada Tahun 2016 sebanyak 2.623 kasus kecelakaan lalu lintas menurun 516 kasus atau 16 persen. Dibandingkan 2015 jumlahnya 3.141 kasus, dengan korban meninggal dunia 649 orang. Itu mengalami penurunan sejumlah 126 orang atau 17 persen. Dibandingkan tahun 2015 korban meninggal dunia 778 orang. Sedangkan jumlah pelanggaran lalu lintas tahun 2016 sejumlah 356.101 pelanggaran dengan tilang sebanyak 228.998 lembar dan teguran 127.112 lembar.

"Setiap tahun kejadian kecelakaan mengalami penurunan yang cukup signifikan, makanya Operasi Zebra Musi sangat efektif dilakukan secara rutin,"tukasnya. (Adam)

Post a Comment