BANYUASIN, KBRS  - Dana Desa tahun 2017 dimanfaatkan Pemerintah Desa Talang Ipuh Kecamatan Suak Tapeh membangun box culvert dan plat deaker.Pembangunan itu, disambut baik masyarakat setempat.

Firmansyah, warga setempat mengatakan, dibangunnya box culvert dan plat deaker tersebut dapat mencegah banjir yang selalu datang saat musim hujan tiba. Untuk itu dia menyambut baik pembangunan dari pemerintah tersebut.

“Susah pak, jalan ini kalau hujan selalu banjir. Sebab memang tak ada jalan untuk air mengalir. Nah, kalau dibangun box culvert dan plat deaker ini, saya yakin tak bakalan ada banjir lagi,” ujar dia.
Dia sangat berterimakasih dengan pemerintah kabupaten maupun pusat atas kucuran dana desa APBN 2017. Saat ini kedua pembangunbox culvert dan plat deaker itu sedang proses penyelesaian.
“Saya selaku mewakili masyarakat, sangat  berterimakasih kepada Pemerintah Desa Talang Ipuh. Kami doakan kedepan semakin banyak lagi pembangunan di desa ini. Kami yakin kades mampu mewujudkan itu,” ujar dia.

Selain itu, Indra Gunadi warga lainnya mengatakan, jalan tersebut sangat besar manfaatnya bagi masyarakat, karena menghubungkan ke Desa Pulau Rajak Kecamatan Betung. “Tentunya kami tak lagi takut akan banjir menghadang. Mantang dan berkebun pun jadi tenang,” kata dia.

Pihaknya berharap pemerintah menambah alokasi dana desa. Agar kedepannya pemerintah bisa mengecor jalan dengan aspal. “Jalan ini masih tanah. Kami harap kedepan bisa dicor atau diaspal supaya masyarakat yang melintas lebih nyaman,” tambah dia.

Sementara itu, Kepala Desa Talang Ipuh Ardina menyebutkan, pembangunan itu bisa terlaksana berkat pemanfaatan dana desa tahun 2017. Selain membangun plat deaker dan box culvert pihaknya juga menganggarkan pemberdayaan masyarakat.

“Kami sadari dan desa memang besar manfaatnya, sebab kita bisa membangun sendiri. Selain box curvert dan plat deaker, tahun 2016 lalu kami membangun pagar posyandu, garap jalan, bangun siring dan lainnya,” kata dia.

Ardina mengajak masyarakat merawat pasilitas yang ada. Jangan sampai dirusak oleh tangan jahil. “Mari kita rawat ini dengan baik. Saya mohon doanya semoga pembangunan  di desa kita semakin banyak dan terus bertambah,” pungkas dia. (Adam Malik)

Post a Comment