MUBA, KBRS-Bank Rakyat Indonesia (BRI) salah satu Bank yang dipercaya Pemerintah untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) diduga belum sepenuhnya menyentuh kepada pelaku usaha mikro kecil menengah di wilayah kabupaten Musi Banyuasin.

Hal itu belum dirasakan manfaatnya baik calon nasabah maupun pelaku usaha kecil menengah,

Tidak sedikit masyarakat yang menilai  pengucuran dana KUR dengan bunga kecil tersebut dilakukan secara diam-diam dan diduga hanya diperuntukkan bagi nasabah tertentu saja.

Seperti diungkapkan salah seorang pedagang pasar pagi sekayu yang tidak mau disebut nama mengungkap kan kepada awak media KabaRakyatsumsel.com MUBA, Jumat (28/07/2017) sejak program KUR digulirkan Pemerintah melalui Bank Rakyat Indonesia (BRI) belum pernah diberikan pinjaman modal usaha.

"Padahal dana pinjaman seperti itu sangat membantu kami dalam menumbuh kembangkan usaha yang kami geluti sekarang ini dan kami tidak tahu lagi bagaimana cara nya untuk mendapatkan pinjaman modal dari KUR tersebut, karena ada dan tidaknya belum dapat dipastikan sebab setiap kali kami mengajukan pinjaman sangat sulit sekali.dan setau saya pihak Bank bersangkutan maupun pihak pemerintah tidak melakukan sosialisasi kepada masyarakat."ujarnya.

Ditempat terpisah Pen, juga seorang pedagang manisan mengungkapkan hal yang sama. Program KUR ini sangat kami harapkan namun terkadang dikucurkan bagi nasabah tertentu saja, hal inilah yang sering menimbulkan kecemburuan sosial bagi para calon nasabahnya.

"Kita minta kepada pihak bank BRI dalam pengucuran Dana KUR harus transparan dan tepat sasaran serta lebih profesional lagi." harapnya.

Dia juga menambahkan.saya belum pernah berhasil mengajukan pinjaman dari BRI Muba padahal sudah beberapa kali mengajukan pinjaman modal untuk mengembangkan usaha saya terpaksa meminjam uang melalui Bank swasta. "Seharusnya dana KUR yang dikucurkan pemerintah melalui bank Bri itu memperhatikan usaha kecil yang butuh modal supaya usaha rakyat dapat berkembang,"ucapnya.

Namun sayang pihak Bank BRI belum dapat dimintai keterangan terkait masalah ini.(Rdi)

Post a Comment